Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Tong Sampah dari Galon Aqua dan Bekas Chat Tembok Desa Batu Melenggang

Diperbarui: 5 September 2024   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok KKN 181 Uinsu 

Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 3-4 Agustus 2024, telah dilaksanakan kegiatan pembuatan tong sampah dari bahan daur ulang di Desa Batu Melenggang. Kegiatan ini merupakan inisiatif Kelompok KKN 181 UINSU untuk mengurangi limbah plastik dan memanfaatkan barang bekas yang masih bisa digunakan, seperti galon Aqua dan bekas cat tembok.

Pembuatan tong sampah ini dimulai pada hari Sabtu, pukul 08.00 WIB, bertempat di Posko KKN 181 Padang Rebah,  Setelah bahan-bahan terkumpul, proses pembuatan dimulai dengan membersihkan galon dan ember, kemudian melubangi bagian atasnya untuk dijadikan tempat memasukkan sampah. Selanjutnya, warga menghias tong sampah tersebut dengan cat yang masih tersisa, sehingga terlihat menarik dan siap digunakan.

Proses pembuatan tong sampah berlangsung selama dua hari hingga Minggu sore, pukul 16.00 WIB. Sebanyak 18  tong sampah berhasil dibuat dalam kegiatan ini.

Pada hari Senin, tanggal 5 Agustus 2024, kegiatan dilanjutkan dengan penyebaran tong sampah ke berbagai titik di Desa Batu Melenggang mulai Dusun 1-8 dan di Kantor Desa perpasang setiap titik yaitu Organik dan Non Organik. Penyebaran dilakukan mulai pukul 09.00 WIB oleh Anggota Kelompok 181. Tong sampah diletakkan di lokasi-lokasi strategis seperti depan rumah warga, di sekitar balai desa, dan tempat-tempat umum lainnya dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga desa, yang berharap dengan adanya tong sampah dari bahan daur ulang ini, kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan semakin meningkat. Acara penyebaran tong sampah berakhir pada pukul 11.00 WIB  Kepala Desa Batu Melenggang yang mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif dari seluruh warga.

Demikian berita acara ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 Kelompok KKN 181 UINSU /dok. pri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline