Lihat ke Halaman Asli

Harits Setyawan, Dosen Muda dengan Segudang Prestasi

Diperbarui: 20 Desember 2023   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Harits Setyawan, Dosen Muda dengan Segudang Prestasi. Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Selasa 19 Desember 2023, Humas Pusat ITERA menyelenggarakan ajang penghargaan Anugerah Humas ITERA 2023. Pada ajang penghargaan itu, ITERA Press berhasil menyabet penghargaan sebagai Pengelola Siaran Pers/ Berita Terbaik Kedua se-Institut Teknologi Sumatera. Penghargaan tersebut dapat diraih berkat ketekunan tim ITERA Press, Harits Setyawan, dalam menulis dan mengirimkan berita-berita terbaru tentang penerbit yang dikelola bersama rekan-rekannya itu baik di website maupun di media sosial ITERA Press. 

Selain mengelola website dan media sosial ITERA Press, Harits juga bertugas mengajukan permohonan ISBN dan mengirimkan buku-buku elektronik yang diterbitkan oleh ITERA Press ke eDeposit Perpusnas RI. Karena kedisiplinannya dalam melaksanakan serah simpan karya, Harits juga berhasil membawa Press menyabet penghargaan pada kategori “Produsen Karya (Monograf) pada Pekan Penghargaan Pelaksanaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di bulan September lalu.

Di tahun 2023 ini, Harits juga menorehkan prestasi di tingkat Asia dengan keberhasilannya melakukan penerbitan sebanyak 61 buku dalam kurun  waktu 1 tahun sehingga ia pun dianugerahi gelar Grand Master Asia Book of Records karena prestasinya itu. Di tingkat nasional, Harits juga meraih penghargaan dari Indonesia Book of Records dengan tercatat sebagai dosen yang diterima bekerja di 10 kampus. Tidak hanya itu, Harits juga berhasil meraih predikat penulis dan editor profesional sekaligus dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui jalur Portofolio. 

Berdasarkan data pada laman sinta.kemdikbud.go.id yang diakses pada hari Selasa 19 Desember 2023 pukul 15.00, ternyata Harits Setyawan juga merupakan dosen peringkat 1 Sinta Score Overall se-Institut Teknologi Sumatera dan Top 50 Scientists of Science and Technology Index dari 274.358 dosen se-Indonesia. Karena track record publikasi penelitiannya itu, ia pun terpilih sebagai salah satu respondent yang merekomendasikan dan menilai kampus melalui survei THE’s 2024 Global Academic Reputation untuk the Times Higher Education World University Rankings.

Di tahun 2022, Harits turut mempopulerkan bahasa Indonesia dan bahasa Daerah di kancah internasional dengan menulis buku dalam 4 bahasa, yakni bahasa Indonesia, Lampung, Jawa, dan Sunda. Seluruh buku tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar agar dapat dipahami dengan mudah oleh penutur bahasa asing. Kegemarannya dalam menulis juga membuat Harits berhasil meraih penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID) di tahun 2021 dan predikat Akademisi Berkarya pada ajang Adi Acarya Award di tahun 2020.

This article was reposted from: https://press.itera.ac.id/harits-setyawan-dosen-muda-dengan-segudang-prestasi/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline