Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Memahami Ilmu Manajemen Sarana dan Prasarana bagi Gen Z

Diperbarui: 7 Maret 2023   03:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ilmu manajemen sarana prasarana merupakan ilmu yang membahas tentang bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana di lingkungan pendidikan maupun perusahaan. Lantas, pentingkah bagi gen z untuk memahami ilmu manajemen sarana dan prasarana? mari kita simak artikel dibawah ini.

Seperti yang dijelaskan diatas ilmu manajemen sarana prasarana atau yang biasa kita kenal dengan ilmu manajemen sarpras merupakan ilmu yang berisi tentang bagaimana cara untuk mengelola dan mengatur segala macam terkait sarana prasarana khususnya di lingkungan pendidikan seperti contohnya mengelola gedung,ruang kelas,lapangan serta fasilitas fasilitas yang lainnya.

Lalu proses seperti apa yang dilakukan dalam mengelola dan mengatur sarana prasarana. Dalam hal ini terdapat 6 cakupan poin kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana yaitu diantaranya:

1. Perencanaan
2. Pengadaan
3. Pengawasan
4. Penyimpanan
5. Penghapusan
6. Penataan

Tujuan dari adanya manajemen sarana prasarana ini ialah untuk menciptakan lingkungan lembaga pendidikan yang bersih rapi dan indah kemudian menciptakan kondisi dan suasana belajar yang nyaman bagi guru dan murid dan yang terakhir yaitu tersedianya alat alat dan fasilitas pembelajaran yang memadai secara kuantitatif,kualitatif dan relevan dengan kebutuhan.

Jadi, kesimpulannya kita sebagai gen z harus memahami tentang ilmu ilmu sarana dan prasarana agar tujuan-tujuan dari ilmu manajemen sarana prasarana ini dapat terlaksana selain itu jika bukan dari kita siapa lagi yang akan memahami dan menerapkan ilmu ilmu manajemen sarana dan prasarana ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline