Kini memulai bisnis bakery merupakan waktu yang tepat, karena produk bakery kini sedang digandrungi oleh masyarakat. Bagi anda para pemula yang baru menjalani bisnis bakery, tentunya perlu tahu bagaimana cara mempertahankan bisnis bakery yang telah dirintis supaya mampu bersaing dengan kompetitor. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik.
Strategi pemasaran bisa berupa promosi atau melakukan CRM (Customer relationship management). Anda perlu membuat konten promosi yang menarik seperti halnya pembelian roti di atas Rp. 100.000 akan mendapatkan merchandise dengan logo bakery anda, atau beli 5 roti gratis 1, dan masih banyak konten promosi menarik lainnya yang bisa anda terapkan.
Tak berbeda jauh dengan promosi, konsep CRM merupakan strategi bisnis yang memadukan proses, manusia, dan teknologi. Fungsinya yakni untuk menarik pelanggan, mempertahankannya, dan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan.
Seperti halnya mengadakan program loyalitas pelanggan atau member dengan memberikan benefit bagi pelanggan yang loyal dan juga anda dapat melakukan survey kepuasan pelanggan mengenai pelayanan serta produk bakery anda.
Namun selain memastikan strategi pemasaran produk berjalan dengan baik, hal utama yang perlu anda perhatikan adalah kualitas dari produk bakery yang dijual. Pastikan bahwa roti yang dijual kondisinya matang dengan sempurna dan memiliki cita rasa yang enak. Hal yang dapat menunjang tingkat kematangan roti yang sempurna adalah penggunaan oven.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H