Lihat ke Halaman Asli

Prayitno Ramelan

TERVERIFIKASI

Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Tentang Ratu Kidul yang Ternyata Bukan Nyi Roro Kidul

Diperbarui: 6 Desember 2018   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lukisan Nyai Roro Kidul/Tribunnews.com

Setelah menonton acara di salah satu TV tentang lukisan sosok Nyi Roro Kidul karya Pak Basoeki Abdullah pada awal bulan ini, Pray tertarik nulis, sebagai hiburan dan nambah wawasan tentang sosok mistis ini karena terkait dengan salah satu keluarga.

Meski sangat dikenal masyarakat, namun tak banyak yang tahu bahwa ada perbedaan antara dua tokoh itu, Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Selama ini banyak orang menyebutkan bahwa nama lain dari Nyi Roro Kidul adalah Kanjeng Ratu Kidul. Persepsi ini keliru.

Ratu Kidul adalah makhluk halus penghuni Pantai Selatan yang sudah bersemayam sejak ribuan tahun lalu. Sedangkan Nyi Roro Kidul adalah   manusia biasa, seorang putri dari Kerajaan Pajajaran, putri Prabu Siliwangi yang gemar tapa brata di Pantai Ngliyep, Malang hingga akhirnya   keinginannya untuk hidup abadi berhasil.

Dia berubah menjadi makhluk halus yang menguasai kerajaan makhluk halus di laut Selatan Jawa.

Dalam kisah Jawa, disebutkan ketika Panembahan Senopati melakukan Tapa Brata di Parang Kusumo, Jogja, beliau ditemui oleh Kanjeng Ratu Kidul. Bukan Nyi Roro Kidul!

Kanjeng Ratu ini kemudian yang memiliki hubungan dengan para Raja Kerajaan Mataram hingga para Sultan di Kesultanan Jogja.

Menurut kepercayaan Jawa, Ratu Kidul merupakan pasangan spiritual para Sultan dari Mataram dan Jogja dimulai dari Panembahan Senopati. Namun, kini ia dipandang sebagai ibu spiritual para Sultan Jogja maupun Susuhunan Surakarta.

Kedudukannya berhubungan antara Merapi-Keraton-Laut Selatan yang berpusat di Kesultanan Solo dan Yogyakarta. 

Petistiwa ghaib di keluarga

Salah satu keluarga Pray (perempuan) beberapa tahun lalu saat berusia 23 tahun, masih kuliah, mendadak terbuka mata batinnya. Dia dapat melihat alam ghaib.

Waaah, ceritanya seram-seram, bisa lihat qodam isi keris yang seperti raksasa, bisa lihat makhluk halus macam-macam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline