Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Perkembangan Teknologi terhadap Dunia Jurnalisme

Diperbarui: 10 November 2021   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Tidak bisa dipungkiri kita sekarang sudah masuk ke era digital dan semakin memudahkan kita untuk melakukan kegiatan, interaksi, dan ketika mencari informasi. Karena sifatnya yang mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Seiring perkembangan teknologi disaat ini, sudah terbilang cukup maju dan sudah banyak diaplikasikan di banyak aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah perkembangan di media massa yang sudah menggeser media cetak kedalam bentuk media online. Oleh karena itu, banyak platform media jurnalistik yang berlomba - lomba untuk ikut bergabung dengan perkembangan media online.

Jurnalisme secara garis besar berartikan kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Pengertian jurnalisme dalam konsep media, berasal dari kata journal, artinya catatan harian mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti surat kabar. Kegiatan jurnalisme selalu identik dengan media massa seperti media cetak ataupun media online. Tujuan dari adanya jurnalisme adalah memberikan informasi kepada masyarakat terkait berita terbaru dan yang sedang hangat dibicarakan.

Dengan ikut bergabungnya jurnalisme online kedalam industri media, merupakan hal yang penting karena mereka harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ditinggal oleh masyarakat dan tetap aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Disisi lain, jurnalisme online menjadi tren tersendiri untuk para penikmat berita atau pun yang sekedar mencari berita. Karena, sudah banyak platform media jurnalisme online yang memberikan akses kepada para penulis atau pembaca untuk menjadi seorang jurnalis karena platform media online menyediakan akses yang mudah untuk menulis berita sendiri dan dapat dibaca oleh ribuan mata yang mengakses situs berita tertentu.

Dengan kemudahan yang diberikan, banyak respon dari masyarakat yang antusias terkait hal ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya berita online yang berasal dari masukan masyarakat yang ingin memberikan informasi. Kesimpulan dari artikel ini adalah, perkembangan media massa dengan hadirnya media online, merupakan sebuah kemudahan yang ditawarkan kepada masyarakat karena sifatnya yang fleksibel, dapat diakses dimanapun, dan mudah diakses. Dan jurnalisme online hadir untuk memberikan informasi berita - berita kepada masyarakat dengan cara yang lebih cepat, mudah, dan mudah dalam mengaksesnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline