Lihat ke Halaman Asli

prawinda anzari

Pemerhati gender dan media. Dosen Sosiologi Universitas Negeri Malang

Pelatihan Podcast dan Aplikasi OBS bagi Guru SMA Negeri 1 Sumberpucung

Diperbarui: 23 November 2021   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

SMA Negeri 1 Sumberpucung merupakan SMA di wilayah kabupaten Malang yang mengalami dampak pandemi dengan adanya kegiatan belajar di rumah. Salah satu kendala pembelajaran di rumah atau pembelajaran jarak jauh adalah kendala kemampuan guru dalam mengaplikasikan platform digital maupun aplikasi untuk melaksanakan pembelajaran. 

Terlebih lagi, saat ini siswa SMA merupakan generasi Z yang sangat adaptif dengan teknologi terbaru serta kemajuan internet. Selama pembelajaran daring, guru di SMA Negeri 1 Sumberpucung menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Classrom. Platform tersebut juga digunakan untuk mengumpulkan tugas siswa, sementara siswa mendapatkan materi berupa bahan bacaan buku paket.

Tentunya keterbatasan media yang digunakan membuat siswa jenuh. Melihat permasalahan ini, tim dosen Sosiologi dari Universitas Negeri Malang berinisiatif melakukan pelatihan kepada guru-guru millenial di SMA Negeri 1 Sumberpucung. Jurusan Sosiologi UM sendiri memiliki hubungan yang baik dengan SMA Negeri 1 Sumberpucung karena terdapat dua alumni Jurusan Sosiologi UM yang kini mengajar mata pelajaran Sosiologi.

Pelatihan yang digunakan kepada guru millenial di SMA Negeri 1 Sumberpucung adalah pelatihan membuat Podcast melalui aplikasi Anchor, dan pelatihan membuat video pembelajaran melalui aplikasi OBS. Pemateri yang didatangkan dalam kegiatan ini adalah Rizal Rosyadi dari Bingkai Karya yang merupakan creative director dari CV Bingkai Karya. 

APlikasi yang digunakan dalam pelatihan Podcast adalah Anchor.fm di mana pengguna dapat langsung mereka suara mereka dengan palikasi Anchor yang tergolong sangat ringan bagi gawai. Selain itu, hasil podcast dari aplikasi Anchor juga dapat ditayangkan di aplikasi Spotify. Sementara pelatihan aplikasi OBS diberikan oleh Kun Sila Ananda, S.I.Kom., M.I.Kom. selaku dosen Jurusan Sosiologi UM. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari pada 13 -14 Juli melalui platform Zoom.

Setelah dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan para guru SMA Negeri 1 Sumberpucung merasa terbantu dengan keterampialn baru mereka sehingga dapat memberikan media pembelajaran yang menarik bagi siswa didik. Selain itu, media pembelajaran seperti Podcast dan Video memudahkan mahasiswa jika ingin melakukan review materi di waktu-waktu lainnya,




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline