Lihat ke Halaman Asli

PMI & ITB Luncurkan Data Riset Kerentanan Iklim DAS Ciliwung

Diperbarui: 24 April 2016   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 [caption caption=" "][/caption]

Wilayah DKI Jakarta dan wilayah penyangga sekitarnya seperti Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, mempunyai tingkat kerentanan bencana Iklim yang cukup tinggi. Kecenderungan ini merupakan dampak perubahan iklim yang meningkat setiap saat. Eksploitasi sumber daya alam serta rendahnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap alam, menjadi penyebab bencana banjir, tanah longsor, penurunan muka tanah, dan berkurangnya ketersediaan air tanah. Tingkat kerentanan ini akan semakin tinggi dengan peningkatan kompleksitas permasalahan perkotaan seperti infrastruktur dasar, zonasi tata ruang serta kepadatan penduduk.

Palang Merah Indonesia (PMI) yang mempunyai fungsi mendukung pemerintah dalam tugas khusus seperti layanan darah, kesehatan, dan tanggap darurat bencana, sesuai mandat terus berfokus pada upaya membangun kesiapsiagaan serta ketangguhan bencana masyarakat. Program Pengurangan Resiko Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) di wilayah perkotaan merupakan program yang berfokus meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung khususnya di dua wilayah Kabupaten Bogor dan Kotamadya Jakarta Utara, merupakan bagian penelitian Kebencanaan, kerentanan iklim dan kapasitas adaptif yang diinisiasi oleh PMI dengan dukungan Palang Merah Amerika (Amcross/ American Red Cross) yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai potensi kejadian bencana iklim di masa yang akan datang , disertai usulan adaptasi (structural maupun non struktural ) untuk menjadi salah satu rekomendasi bagi para pemangku kepentingan. Segala kemungkinan resiko dampak bencana iklim dalam jangka pendek sampai jangka panjang (hingga tahun 2035), wilayah bantaran Sungai Ciliwung (daerah Kabupaten Bogor dan sekitar, Depok, Jakarta Utara dan sekitar) akan memiliki opsi mitigasi kebencanaan dan adaptasi terbaik untuk mengurangi resiko dampak tersebut.

Bertepatan dengan Hari Bumi pada 22 April 2016 ini, bertempat di Wisma PMI Jakarta Selatan dilakukan peluncuran hasil riset tersebut berupa Infografis dan Videografis. Peluncuran dilakukan oleh Prof Ginandjar Kartasasmita (Pelaksana Harian Ketua Umum PMI), Tom Alcedo (Kepala Perwakilan AmRedcross di Indonesia), Irmansyah (Wakil Walikota Jakarta Selatan). 

Ginandjar Kartasasmita berharap melalui sinergi antara PMI dan ITB, akan memperkuat upaya advokasi kebijakan bencana iklim sebagai salah satu mandat PMI untuk mengurangi korban bencana yang didukung oleh basis data dan analisis secara akurat. Hasil riset ini dapat ditindaklanjuti pemerintah daerah yang dilalui Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung khususnya Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat.

Data Infografis dan Videografis ini merupakan hasil riset ITB dalam kurun waktu 2013-2014 menggunakan metodologi pemodelan untuk proyeksi bencana iklim. Proyeksi ini akan memprediksi curah hujan di masa yang akan datang dengan mempertimbangkan pola curah hujan di masa lalu, termasuk juga pola anomali. Riset menghasilkan beberapa dokumen penelitian berikut rekomendasi sebagai bahan advokasi bagi para pemangku kepentingan di wilayah target seperti:

✔ Perlunya perencanaan tata ruang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung secara komprehensif

✔ Penyediaan infrastruktur perkotaan yang mengakomodasi wilayah hulu dan hilir seperti pembangunan tanggul di aliran sungai dan pantai; normalisasi sungai dengan membuat pelebaran badan sungai dan pengerukan lumpur; membuat waduk dan perbaikan saluran air; memperluas daerah resapan air.

✔ Memperkuat upaya kesiapsiagaan melalui pembuatan rencana kontigensi banjir, melatih kesiapsiagaan aparatur dan masyarakat; serta memperkuat sister peringatan dini banjir.

Dukungan dalam rangka menciptakan menciptakan masyarakat tangguh bencana ini tak terlepas dari partisipasi ITB, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, PMI Provinsi DKI Jakarta, PMI Provinsi Jawa Barat, PMI Kota Jakarta Utara, PMI Kabupaten Bogor, IFRC, ICRC, Perhimpunan Palang Merah Internasional, UN/NGO/Akademisi pemerhati isu perkotaan, lingkungan, dan pengurangan resiko bencana serta dukungan donor Palang Merah Amerika.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline