Lihat ke Halaman Asli

Pusjatan Balitbang PUPR: Saatnya Sistem Informasi Dini Lalu Lintas

Diperbarui: 21 Desember 2015   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kawasan perkotaan besar identik dengan padatnya lalu lalang kendaraan bermotor yang sering mengakibatkan kemacetan. Banyak pengemudi terjebak dalam kemacetan dapat dikarenakan tidak adanya informasi terkini mengenai kondisi lalu lintas yang akan dilewati. 

Pencarian solusi inilah yang mendorong Kelompok Program Penelitian Intelligent Transport System (ITS) di unit Balai Lalulintas dan Lingkungan Jalan pada Puslitbang Jalan & Jembatan (Pusjatan) Balitbang PUPR, untuk mengembangkan inovasi sistem layanan informasi terkini mengenai kondisi lalulintas di ruas jalan yang akan dilewati. 

Sistem Informasi Dini LaluLintas (SINDILA-01) merupakan alat yang akan memberkan informasi mengenai kondisi lalulintas (macet, padat, lancar dan lengang), kecepatan rata-rata kendaraan di ruas jalan tersebut, informasi umum (contohnya sosialisasi penggunaan helm ber-SNI).

Kemampuan sensor SINDILA-01 adalah dapat membaca antrian kendaraan, menghitung jumlah kendaraan, melakukan klasifikasi jenis kendaraan serta menghitung kecepatan rata-rata kendaraan.

 

Pada gambar teratas terlihat alat dengan penggunaan sistem operasi tanpa dikontrol melalui Traffic Management Centre (TMC), dapat difungsikan untuk lalulintas yang mengalami gangguan sementara seperti adanya kecelakaan lalu lintas dan perbaikan jalan. Pada gambar terbawah telihat alat dengan cara terkoneksi dengan Traffic Management Centre (TMC), sehingga pusat dapat memberikan informasi kondisi lalulintas yang dikontrol kepada pengemudi melalui media radio, internet (medsos) .

Cara kerja sistem ini adalah sensor yang digunakan berupa kamera berfungsi untuk menerjemahkan gambar visual menjadi data-data kendaraan mulai data kecepatan, volume, jarak antar kendaraan hingga panjang kendaraan berdasarkan virtual loops yang diletakkan secara virtual di atas badan jalan, kemudian diolah menggunakan perangkat lunak (software) menjadi data arus kendaraan. Dari data arus kendaraan lalu diolah menjadi data kondisi lalu lintas di ruas jalan tersebut secara realtime. 

 

Penampakan perangkat lunak (software) SINDILA-01 yang dikontrol melalui perangkat gawai.

 

#KementerianPUPR #BalitbangPUPR #SolusiSeiringInovasi
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline