Lihat ke Halaman Asli

OSN Pertamina 2015: Saatnya yang Muda Berkelas Dunia

Diperbarui: 30 November 2015   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tentu kita telah mengenal PT Pertamina (Persero) sebagai korporasi nasional (BUMN) yang telah berkelas dunia. Dibutuhkan sumber daya manusia yang sangat berkompetensi untuk mencapai daya saing global saat ini. Pertamina memiliki kepedulian tinggi akan pentingnya keunggulan sains untuk pembangunan berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik. 

Pada tahun ini kembali diselenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015 , dimana Penganugerahan Pemenang Tingkat Nasional Kategori Teori dan Pemenang Tingkat Nasional Kategori Proyek Sains dilakukan dengan kerjasama dengan Universitas Indonesia pada 26 November 2015 lalu. Bertempat di Gedung Integrated Faculty Club Universitas Indonesia di Depok Jawa Barat, OSN Pertamina ini merupakan penyelenggaran yang kedelapan kali dan turut hadir para alumni juara-juara OSN Pertamina tahun-tahun sebelumnya untuk berbagi kesan dan pengalaman saat menjadi juara kompetisi olimpiade bergengsi ini. 

Terlihat beberapa tenda yang memperlihatkan berbagai inovasi mahasiswa finalis OSN Pertamina 2015. Sesaat sebelum dimulainya acara di panggung utama, menyempatkan melihat karya inovasi para finalis.

Salah satu penampakan proyek sains tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jawa Timur. Thermoelectricity ini akan dapat melakukan penghematan bahan bakar 5 hingga 7 persen, jika 100% digunakan me-replace alat alternator (alat pengubah listrik menjadi energi ) pada kendaraan mobil.

 

Untuk penyegaran acara sebelum memasuki pengumuman dan penganugerahan pemenang OSN Pertamina 2015, ada sedikit permainan yang menghibur serta mengasah otak untuk para peserta OSN. Hiburan musik dengan penyanyi yang dapat menghipnotis para hadirin yang hadir, turut pula aksi para penari topeng ikut menyemarakkan suasana ditengah cuaca yang kurang cerah. 

 

Turut hadir dalam acara ini Prof. Intan Ahmad, Ph.D (Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI), Prof. Dr. Bambang Wibawarta, MA (Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan Universitas Indonesia), Dr.ret.nat Abdul Haris (Dekan FMIPA Universitas Indonesia), Wisnuntoro (Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero)), Agus Mashud Asngari ( CSR Manager PT Pertamina (Persero)) dan Dr. Yasman (Ketua Pelaksana OSN Pertamina 2015).

 

Dalam kata sambutannya Bambang Wibawarta mengatakan bahwa sinergi UI dan Pertamina dalam OSN Pertamina 2015 dapat terus meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa maupun teknologi inovasinya. Para mahasiswa berprestasi dalam OSN 2015 akan mendapatkan beasiswa melalui kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline