Lihat ke Halaman Asli

Rakha Anindya Pratama

Public Relations

Gala Expo 2024: Lomba Fashion Batik Batang dan Lomba Tumpeng Megono yang Diikuti 15 TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Batang

Diperbarui: 30 Mei 2024   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gala Expo 2024/dok. pri

Batang - Gala Expo 2024 (Gelar Ajang Lestarikan Budaya) yang digelar pada hari Rabu (22/05/2024) suskes diselenggarakan dengan meriah. Acara yang diadakan oleh mahasiswa/i D3 Hubungan Masyarakat PSDKU UNDIP dengan mengusung tema "Menjunjung Tinggi Budaya Setinggi Cakrawala" menampilkan 2 kegiatan budaya, termasuk lomba fashion show batik batang dan lomba tumpeng megono.

Acara Gala Expo 2024  dibuka dengan  oleh tarian tradisional Serabi Kalibeluk, menciptakan suasana yang penuh semangat dan keindahan. Tarian tersebut menjadi pembuka yang untuk rangkaian acara yang mengusung tema "Menjunjung Tinggi Budaya Setinggi Cakrawala"

Bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Batang dengan tujuan untuk melestarikan budaya batik Batangan dan kuliner khas Batang khusunya Megono agar tetap lestari dan dapat dikenal oleh kalangan muda hingga dikenal di level nasional.

Sebanyak 15 Kecamatan se Kabupaten Batang turut serta dalam acara ini dengan menampilkan budaya batik Batang dan megono dengan kreativitas dari masing masing kecamatan. Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat silaturahmi antar kecamatan.

Pidato yang disampaikan oleh Kabid Ekraf Disparpora Batang Ibu Nuni Trianingrum, S.H., M.H yang mewakili Ibu PJ Bupati Batang, Ibu Dra. Lani Dwi Rejeki,M.M  mengatakan bahwa berharap melalui acara ini Masyarakat Batang bisa turut serta melestarikan keindahan dan keunikan yang merupakan kekayaan budaya Kabupaten Batang sekaligus melatih kreatifitas dan keterampilan menghias tumpeng dengan menu wajib khas Batang yakni Megono.

Bazar UMKM lokal juga menjadi daya tarik acara dengan menampilkan produk unggulan dari para pelaku UMKM di Kabupaten Batang.  Dengan begitu memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk mendukung perkonomian dan meramaikan acara.

Penulis : Rakha Anindya Pratama




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline