Lihat ke Halaman Asli

Kerja Cerdas, Bos Puas, Jabatan Naik Kelas

Diperbarui: 6 Juli 2018   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam dunia kerja, ada istilah "smart work better than hard work". Pada umumnya perusahan menerapkan indikator performa di ukur dari hasil pekerjaan yg di laksanakan. Sedangkan  Proses yg dilakukan untuk mencapai hasil pekerjaan tersebut terkadang tidak begitu di monitor atau di hargai. 

Oleh karena itu perencanaan sebelum di mulai ny suatu pekerjaan menjadi penting. Berikut beberapa proses yang harus kita lalui yaitu sebagai berikut :

1. Menetapkan tujuan yg spesifik.

 Saat proses perencanaan, langkah pertama adalah mengetahui hasil seperti apa yg perusahaan inginkan dari pekerjaan kita. Dengan  mengetahui output/hasil yang perusahan yang inginkan, akan kita dapatkan tujuan yg spesifik, berdampak kepada pemetaan jalur yg akan kita lalui.  sebagai contoh, saat kita akan belanja ke pasar, kita memikirkan akan memasak apa, dan menentukan komposisi dari bumbu2 atau pun lauk dari masakan itu. hal tersebut memudahkan dan mempercepat proses saat pembelian di pasar. 

2. Hasil yang dapat teruku

Dalam dunia kerja yang modern, indikator2 hasil dapat di ukur dengan beberapa metode seperti Key Performance indicator (KPI) dan Key Performance Objectives (KPO). Penetapan ukuran untuk sebuah hasil pekerjaan ini menjadi penting, agar tidak menjadi opini yang bias, penilaian yang bersifat subjektif sehingga menimbulkan debat kusir.

Hal ini sering terjadi di saat kepimpinan otoriter masih berlaku di perusahaan, di mana pendapat pimpinan tidak bisa di bantah dan selalu benar. oleh karena itu menetapkan hasil yang terukur di saat proses perencaaan sebelum memulai pekerjaan sangat di perlukan.  worst case saat kita mempunyai pimpinan yang otoriter, dengan mengetahui indikator hasil yang di inginkan diawal, kita bisa mengupayakan atau mengajukan bantuan yang setimpal dari pimpinan agar mendapatkan seperti yang bos inginkan. 

3. Mempunyai kemampuan yang cakap

Tidak jarang, untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat, selain dibutuhkan bumbu2/ingredient yang terbaik, koki nya pun harus yang mempunyai kemampuan untuk itu alias ahli di bidang nya. koki ahli masakan eropa saat di memasak masakan padang belum tentu selezat emak2 tukang masak di masakan padang. "Put the right man on the right job."

Penentuan anggota-anggota team  yang akan tergabung dalam proyek kita adalah sebuah yang krusial. Seorang dengan gelar yang mumpui belum tentu bisa bekerja dengan baik dalam proyek yang kita kerjakan. oleh karena itu setelah tujuan kita ketahui, indikator kita tetapkan, kita telah mengetahui jalan seperti apa yang akan kita hadapi saat mengerjakan proyek. managemen Resiko, kemampuan menghadapi beban kerja, keahlian dibidang dan kecakapan dari team, merupakan pemetaan dari anggota team yang akan kita pilih.

4. Koordinasi yang erat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline