Dalam sebuah Organisasi pastinya ada sebuah jalinan komunikasi, yang dimana komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, hubungan antara individual, dan individual dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat dan hubungannya saling bergantung meliputi arus komunikasi vertikal dan horizontal.
Jadi yang dimaksud dengan komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan organisasi baik formal maupun informal dalam suatu organisasi Komunikasi Organisasi juga dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit pada suatu organisasi dalam hubungan hierarki yag saling berhubungan satu dengan yangn lainnya.
Hambatan sendiri dapat diartikan sebagai halangan atau rintangan yang dialami. Sedangkan Hambatan dalam komunikasi organisasi adalah berbagai gangguan yang dapat muncul dari dalam diri seseorang atau dari lingkungan sekitarnya, yang bisa mempengaruhi prose pengiriman dan penerimaan pesan.
Gangguan ini dapat menghambat kelancaran aliran pesan atau mengubah makna dari pesan yang disampaikan. Ada beberapa hambatan komunikasi dalam organisasi yang bisa memengaruhi pekerjaan dari setiap anggotanya. Hambatan komunikasi ini harus dianalisis dan diatasi secepat mungkin agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan organisasi secara keseluruhan.
Lantas, apa saja sih hambatan komunikasi dalam organisasi ini? Mari simak ulasan lengkap dan cara mengatasinya di bawah ini!
3 JENIS HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
1. Penyaringan Informasi
Hal ini dapat terjadi ketika seorang komunikator memilih atau memodifikasi informasi yang disampaikan agar lebih menarik bagi penerima. Akibatnya, pesan yang diterima bisa saja tidak sepenuhnya akurat, karena komunikator memprioritaskan informasi yang dinginkan untuk dikirimkan, sementara bagian penting lainnya bisa diabaikan.
2. Persepsi Selektif
Penerima pesan seringkali menangkap informasi berdasarkan pandangan pribadi mereka. Ini berarti penerima cenderung memilih dan memahami pesan sesuai dengan keyakinan, nilai, atau pengalaman mereka sehingga mungkin mengabaikan bagian dari pesan yang tidak sejalan dengan persepsi mereka.
3. Bahasa
Hambatan bahasa terjadi ketika dua pihak dalam komunikasi menggunakan kata, istilah, atau konsep yang berbeda. Hal ini bisa membuat pesan sulit dipahami oleh penerima, karena perbedaan dalam interpretasi atau makna kata yang digunakan, terutama jika ada perbedaan latar belakang babasa atau budaya.
Setelah membahas terkait beberapa Hambatan komunikasi yang umunya terjadi pada sebuah organisasi, selanjutnya kita akan membahas mengenai apa saja solusi yang dapat mengatasi beberapa Hambatan Komunikasi dalam sebuah organisasi.
3 SOLUSI DAN BEBERAPA CARA UNTUK MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
1. Penyaringan Informasi
Hambatan penyaringan informasi dalam komunikasi bisa diatasi dengan beberapa langkah yang efektif. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat diterapkan :