Lihat ke Halaman Asli

Prastian DwiPutranto

Lulusan Administrasi Publik Universitas Jenderal Soedirman

Ini Dia Istilah Dalam Ramadhan Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui?

Diperbarui: 25 April 2023   01:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh semua umat Islam didunia. Puasa Ramadhan selalu menimbulkan animo tinggi setiap tahunnya, terbukti dengan masih banyak dinanti setiap tahunnya. Namun, masih banyak ternyata yang sekedar menjalankan puasa Ramadhan tetapi belum mengetahui istilah-istilah unik dalam berpuasa. Apa saja istilah unik tersebut? Mari kita bahas satu persatu.

 

1. Mudik 

Mudik merupakan salah satu yang dinanti oleh semua masyarakat yang menjalankan puasa, karena dapat bertemu dengan orang tua serta sanak saudara dikota kelahiran mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama. Moment mudik ini biasanya terjadi jika menjelang hari raya Idul Fitri saja.

Mudik sendiri merupakan singkatan yang berasal dari bahasa jawa yaitu Mulih dilik, atau dapat diartikan menjadi pulang sebentar atau pulang sejenak. Maka dari itu banyak orang yang hanya mengunjungi kampung halamannya cuma sebentar saja, bukan untuk menetap dalam waktu yang lama.

2. Sahur

Sahur merupakan suatu kegiatan untuk makan atau bersantap diwaktu menjelang subuh. Sahur ini dilakukan agar dapat memberikan kekuatan menjalani puasa selama kurang lebih 13 jam lamanya, tetapi sahur sebenarnya merupakan sunah nabi loh yang insya allah ada keberkahan didalamnya.

Sahur sendiri memiliki kepanjangan, yaitu sarapan khusus ramadhan. Maka dari itu sahur biasanya hanya ada dikala puasa Ramadhan saja. Tapi tidak menutup kemungkinan jika dilakukan dipuasa-puasa sunnah lainnya.

3. THR 

Kalau yang satu ini udah pasti tau kalian semua, moment yang ditunggu-tunggu jika lebaran Idul Fitri datang baik anak-anak hingga orang tua sekalipun. Yak, THR atau kependekan dari Tunjangan Hari Raya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline