Lihat ke Halaman Asli

3 Media Kekinian untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Diperbarui: 16 Juli 2020   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk membentuk dan memulai sebuah bisnis. 

Dari  barang ataupun jasa, semua semakin lebih mudah dalam pelaksanaan operasional. Dari mesin yang semakin canggih, pekerja dengan kualitas lebih baik, sampai dengan sarana promosi.

Kalau kita melihat sepuluh atau dua puluh tahun lalu, saat teknologi masih belum sebesar saat ini, sangat sulit untuk membuka usaha. Alat-alat yang harus dipesan dari luar negeri, Terutatama untuk memulai langkah branding atau mempromosikan usaha.

Sebelum kemunculan internet, televisi merupakan satu-satunya sarana promosi yang paling efektif. Mengapa dibilang sangat efektif? Salah satu alasannya adalah pesan dapat diterima oleh pasar yang lebih besar dan beragam. 

Namun, untuk beriklan di televisi membutuhkan biaya yang sangat besar. Untuk tampil beberapa detik saja di televisi, kita bisa menghabiskan puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Namun, semenjak kemunculan internet dan beragam fitur iklannya, mempromosikan bisnis menjadi lebih mudah. Berbagai media muncul dengan fitur promosi bisnis untuk penggunanya masing-masing. 

Sampai saat ini, di tahun 2020, media promosi semakin berkembang. Berikut 3 media promosi yang sedang naik daun saat ini.

1. Facebok Ads

Facebook ads memberikan Anda kemudahan untuk mempromosikan bisnis Anda pada platform-platform yang dimiliki Facebook seperti Instagram. Selain itu, Anda diberikan kemudahan dengan kehadiran berbagai fitur-fitur yang tentu saja dapat memepermudah Anda untuk mempromosikan bisnis Anda, seperti fitur untuk mengukur keefektifan iklan yang Anda buat, menentukan target pasar yang Anda ingini untuk menampilkan iklan yang Anda buat, sampai dengan mengatur sendiri budget promosi Anda. 

2. Google Adsense

Google Adsense memungkinkan iklan Anda untuk muncul di dalam platform yang berafiliasi dengan Google, seperti website-website, ataupun platform seperti youtube. Tentu saja, Anda juga bisa menentukan budget sesuai dengan target pasar yang Anda tuju. Semakin banyak target pasar yang Anda pilih, semakin mahal pula biaya beriklannya. 

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan pemilihan target pasar Anda. Google juga menyediakan platform untuk melacak efektifitas iklan Anda, seperti Google Analytics, dan Google Search Console apabila Anda memiliki website.

Namun, ada peraturan yang harus diikuti sebelum Anda memasang iklan di Google, seperti tidak boleh mengiklankan penipuan, judi, dan sebagainya. Google memberikan peraturan yang berbeda di setiap negara.

3. Podcast

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline