Lihat ke Halaman Asli

TIM KKN II Universitas Diponegoro tahun 2024 Menerapkan Program Kerja Penerangan Jalan Desa Menggunakan Panel Surya di Desa Pulutan Kulon

Diperbarui: 17 Agustus 2024   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi TIM II KKN DESA PULUTAN KULON

Wonogiri (06/08/2024) – Mahasiswa Universitas Diponegoro KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 kembali dilaksanakan pada tanggal 11 Juli- 20 Agustus 2024. Pelaksanaan KKN tahun ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Potensi Unggulan”. KKN adalah program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Diponegoro sebagai aksi nyata pengabdian mahasiswa terhadap Masyarakat sesuai dengan disiplin ilmunya masing- masing. 

Prasetya Adi Nugroho, Mahasiswa Prodi Teknik Listrik Industri Universitas Diponegoro melakukan Program Kerja KKN di Desa Pulutan Kulon, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Program kerja yang dilakukan adalah penerangan jalan Desa Pulutan Kulon berbasis panel surya. Dengan adanya penerangan jalan desa ini diharapkan membantu Masyarakat desa dalam aksebilitas. 

Program ini dimulai pada awal bulan Agustus 2024 dan bertujuan untuk mengatasi salah satu permasalahan utama yang sering dihadapi oleh masyarakat desa, yakni minimnya penerangan jalan di malam hari. Seperti yang kita ketahui, jalan yang tidak cukup terang dapat menimbulkan risiko keselamatan dan mempengaruhi aktivitas ekonomi dan sosial warga.

Program penerangan jalan desa ini menggunakan teknologi panel surya sebagai sumber energi utama. Panel surya dipilih karena kemampuannya untuk menyediakan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada listrik dari sumber konvensional yang seringkali tidak stabil di daerah pedesaan.

Dokumentasi TIM II KKN DESA PULUTAN KULON

Tahap awal pelaksanaan program ini adalah survey untuk menentukan Lokasi mana yang membutuhkan penerangan. Lokasi dipilih berdasarkan Tingkat kebutuhan dan dampaknya terhadap Masyarakat. Tahap Kedua adalah pemasangan yang dilakukan oleh mahasiswa serta Masyarakat daerah yang membantu dalam teknis pemasangan. Setiap unit panel surya dipasang dititik strategis, setelah pemasangan system penerangan diuji untuk evaluasi potensi masalah dan penyesuaiannya. 

Pada tanggal 6 Agustus 20224, sosialisasi dilakukan melibatkan warga dan perangkat desa, mereka diberikan pelatihan tentang cara merawat dan memelihara system penerangan serta manfaat penggunaan panel surya. Sosialisasi mendapat antusias warga desa, mereka banyak memberikan pertanyaan yang menarik.

Program ini merupakan langkah awal yang positif dalam upaya meningkatkan infrastruktur desa dengan teknologi yang ramah lingkungan. Keberhasilan program ini membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut, seperti pemasangan panel surya di fasilitas umum lainnya dan pemanfaatan teknologi terbarukan lainnya.

Mahasiswa KKN Prasetya Adi Nugroho berharap program ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain dan memberi inspirasi untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan cara yang berkelanjutan.

Dengan berakhirnya program ini, harapan besar tertanam agar penerangan jalan berbasis panel surya dapat terus berfungsi dengan baik dan memberi manfaat yang berkelanjutan bagi Desa Pulutan Kulon serta lingkungan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline