Lihat ke Halaman Asli

Tugas Modul 3.2.a.7 (Program Guru Penggerak)

Diperbarui: 21 Oktober 2021   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

B. Refleksi

 

Pada modul 3.2 kita belajar tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Modul 3.2 menyadarkan kita bahwa kita merupakan bagian dari asset yang ada di sekolah. Ternyata yang dinamakan asset bukanlah semata-mata benda mati yang ada di sekitar kita. Nyatanya, kita sendiri merupakan asset Biotik yang dimiliki oleh sekolah dan kitab isa dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas sekolah kita.

Secara faktual kita hanya melihat segala sesuatu yang terjadi dan ada di sekitar kita dari sisi kekurangan dan masalahnya saja, tanpa melihat bahwa dari setiap kekurangan pasti ada kelebihan yang bisa kita manfaatkan. Dari setiap masalah selalu ada potensi yang bisa kita gunakan untuk merendam segala masalah yang ada. Sudah seyogyanya kita sebagai guru yang juga sebagai pemimpin bisa memberdayakan diri kita sendiri dan mengoptimalkan kekuatan/aset yang kita miliki untuk membangun dan menciptakan segala sesuatu yang positif.

Proses pengoptimalisasian dan pemberdayaan segala potensi/aset/modal yang kita miliki untuk membangun kondisi yang lebih ideal sering disebu dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA). Pendekatan ini menjadikan individu, komunitas dan sosial sebagai bagian dari agen perubahan itu sendiri. 

Suatu program dikembangkan dengan memfokuskan aset utama apa saja yang ada dan dimiliki suatu komunitas. PKBA sangat cocok diterapkan di sekolah karena Pendekatan ini lebih sederhana dan simpel. Pendekatan ini lebih memfokuskan terhadap aset apa yang dapat diberdayakan tidak lagi melihat dan fokus terhadap masalah apa yang ada dan telah terjadi.

Setiap tantangan dan rintangan yang ada selalu dihadapi dengan kekuatan dan potensi yang dimiliki masing-masing komunitas/individu/sekolah, sehingga solusi yang didapat akan berlaku secara terus menerus dan berkelanjutan. Sekolah sebagai satu komunitas seyogyanya dapat menerapkan pendekatan ini dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang sama.

Dalam menerapkan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) ada beberapa aset yang sering dioptimalkan di antaranya: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya.

Setelah melakukan pengidentifikasian berikut adalah aset-aset yang dimiliki SD Negeri 1 Srati,  Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

1. Modal Manusia

a. Kepala Sekolah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline