Lihat ke Halaman Asli

Gelar Karya P5 SMP Negeri 8 Surakarta: Bangunlah Jiwa dan Raganya

Diperbarui: 17 Maret 2023   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gelar Karya SMP Negeri 8 Surakarta/Koleksi pribadi

GELAR KARYA P5  SMP  NEGERI  8  SURAKARTA: BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA

Oleh : Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta

Salah satu pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. adalah dilakukannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan kegiatan P5 ini menggunakan 84 jam pelajaran dan diselengarakan secara blok, selama kurang lebih 2 minggu (14 hari). Tema yang dipilih pada pelaksanaan P5 adalah "Bangunlah Jiwa dan Raganya," dengan sub tema Anti Bullying atau Perundungan. Nilai karakter yang diharapkan dapat berkembang antara lain berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Gotong royong, Mandiri, dan Kreatif.

Kegiatan diawali dari pembentukan tim pelaksana P5 tingkat sekolah, antara lain terdiri dari Penanggungjawab, Ketua tim, Koordinator kelas, Fasilitator, dan Pendamping P5. Selanjutnya tim bertugas dalam mendesain pelaksanaan kegiatan P5, mensosialisasikan rencana pelaksanaan kegiatan, melaksanaan kegiatan P5, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan secara berjenjang. Teknis dari pelaksanaan P5 dimulai dari pembentukan tim P5.

 Seluruh guru kelas VII terlibat dalam pelaksanaan P5 ini, kebetulan di SMP Negeri 8 Surakarta baru kelas ini yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Setiap kelas memiliki 1 guru fasilitator dan siswa terbagi menjadi 4 kelompok dengan pendamping 1 guru untuk tiap kelompoknya. Sedangkan setiap 3 kelas memiliki 1 orang guru koordinator projek. Antusiasme siswa kelas 7 (tujuh) dan warga sekolah merebak ke seluruh penjuru sekolah. Selain merupakan hal baru baik bagi siswa maupun guru, tema dan sub tema yang dipilih sangat dekat dengan permasalahan yang kerap muncul di kalangan masyarakat.

Berdasarkan tema yang dipilih yaitu Bangunlah Jiwa dan Raganya, materi yang diberikan pada siswa tertuang dalam sebuah juknis serta jurnal kegiatan P5. Beberapa konsep materi yang diberikan misalnya siswa diajak untuk lebih memahami Profil Pelajar Pancasila, Mengenali Diri serta Pembelajaran Sosial Emosional. Diharapkan siswa akan lebih memahami dan dapat mengaplikasikan bagaimana profil pelajar Pancasila bagi diri masing-masing. Dengan mengenali diri dan lingkungannya, serta pembelajaran sosial emosional, siswa diharapkan memiliki karakter yang lebih mandiri, mengenal potensi, bakat minat yang dimiliki serta bagaimana mewujudkan secara positif. Siswa diharapkan mampu membiasakan budaya positif seperti menghargai diri dan orang lain, berperilaku baik, memiliki rasa peduli dan empati pada orang lain dan lingkungannya. Sehingga akan tercipta lingkungan belajar yang nyaman bagi seluruh siswa.

Senin tanggal 6 Maret 2023, dibuka secara resmi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd., kegiatan dilanjutkan dengan ativitas ke-1 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema : Bangunlah Jiwa dan Raganya.

KS SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd./Koleksi pribadi

Kegiatan Minggu pertama yaitu pengenalan Makanan Sehat yang disampaikan oleh Hetty Dwi Agustin, S.Pd, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), oleh Dra. Sri Suprapti, dan Perundungan oleh Hendiyartiningsih, S.Pd. Dalam penerapan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya ini, terkadang peserta didik merasa bosan atau jenuh jika hanya dengan guru saja sebagai fasilitator. Untuk itu, pihak sekolah mendatangkan tenaga ahli atau profesional sebagai narasumber untuk menerapakan tema di atas.

Untuk penyampaian materi makanan sehat oleh nara sumber ahli gizi yaitu Juniati, Nutrisionis Penyelia, Puskesmas Ngoresan Dalam kegiatan itu yang harus dilakukan oleh siswa adalah merancang menu gizi seimbang (kelompok), praktek membuat poster PHBS sampai selesai. Kegiatan penyampaian materi "Anti Perudungan" oleh nara sumber Ranita Widyaswati, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline