Lihat ke Halaman Asli

Pramudya MaulanaH

FAKULTAS SYARIAH - UIN RM SAID SURAKARTA

Review Skripsi Penerapan Akad Mudharabah pada Produk Asuransi

Diperbarui: 5 Juni 2023   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Pramudya Maulana Hilman

NIM: 202111052

Judul Skripsi: Penerapan Akad Mudharabah pada produk Asuransi Di PT. AJB Bumiputera Syariah Cabang ROXY

Penulis skripsi: M. Abdul Koharsyah

A. Pendahuluan

Kita pahami bersama, bahwa setiap langkah kita, setiap detik dalam hidup kita, selalu dan pasti kita berada dalam pengawasan Allah Swt. Serta, dalam kehidupan kita yang selalu diawasi-Nya, maka perlu kita yakini bahwa tak satupun masa depan seperti apa yang menanti kita disana. Hal yang manusiawi bagi manusia sendiri merasakan yang namanya kegelisahan, kekhawatiran akan sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan. Maka dari itu, dalam kehidupan sosial kita muncullah istilah asuransi dimana fungsi daripadanya sendiri guna meminimalisir resiko ataupun hal yang tidak diinginkan datang dikemudian hari. 

Konsep Asuransi dalam Islam, memegang teguh prinsip saling tolong menolong dan prinsip-prinsip syariat lain diantaranya yakni prinsip menghindari riba, gharar dan maysir. Dalam asuransi syariah dikenal terdapat dua macam jenis rekening, yakni Tabarru' dan tijari. Dimana prinsip tolong menolong dalam asuransi syariah di implementasikan kedalam bentuk rekening tabarru' guna kemaslahatan anggota asuransi. Adapun rekening tijari yang berbasis profit orientied dengan mengusung konsep al mudharabah (bagi hasil) dimana rekening dalam bentuk tabungan akan di kelola oleh pihak asuransi diantaranya di aplikasikan dalam bentuk instrumen investasi. 

B. Alasan memilih Skripsi yang akan direview

Karena menurut saya, mengapa saya memilih me-review skripsi ini adalah diantaranya;

1. Mengusung Konsep mudharabah dalam asuransi

2. Memberi gambaran kepada para pembaca bahwa asuransi bukan hanya sekedar tabungan yang disimpan guna antisipasi dari resiko mendatang namun asuransi dalam konteks syariah pun juga mengusung profit orientied.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline