Lihat ke Halaman Asli

Talk Less Do More, Mahasiswa!

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebagai mahasiswa, sangat disayangkan apabila mengutarakan pendapatnya hanya dengan cara berdemonstrasi. Oke, memang tidak ada larangan untuk mengutarakan pendapat dengan cara berdemo, hal tersebut malah dilindungi oleh Undang-Undang. Tetapi pada kenyataannya, hal itupun tidak menjamin keberhasilan bahwa pendapat akan di dengar oleh pihak yang bersangkutan.

Sering saya lihat di berita, mahasiswa demo dikarenakan kekecewaan atau ketidaksetujuan mereka terhadap kebijakan pemerintah. That’s good, mereka telah menyuarakan pendapatnya. Tetapi perlu kita lihat juga sisi negatifnya.Macet dimana-mana, dan tidak jarang demo tersebut berujung kisruh. Coba kita hitung, berapa banyak hasil demo yang didengar dan direalisasikanoleh pemerintah?NOL!

Sebagai Agent of Change dalam sosial kemasyarakatan, mahasiswa seharusnya tidak hanya memakai cara demo untuk mengutarakan pendapat di zaman sekarang ini. Sudah sepantasnya kita menunjukkan tindakan nyata, bukan hanya bicara. Seharusnya kita sebagai mahasiswa malu, ketika kita hanya bisa mengkritik tanpa berbuat apa – apa untuk perubahan yang lebih baik di negara ini.

Pernahkah kita sebagai mahasiswa, sebagai akademisi, berpikir untuk mulai bertindakdari hal-hal kecil yang ada pada diri kita sendiri? Setidaknya itu lebih berarti, daripada harus capek-capek berdemo, panas – panasan di jalan, teriak- teriak,dan membuat macet lalu–lintas, yang akhirnya berujung sia-sia.

Dengan perubahan kecil yang ada pada diri kita sendiri, kita bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas, bagaimana cara berubah ke arah yang lebih baik. Jadi bukan hanya omongan semata, namun juga tindakan nyata. Mari bersama-sama kita rubah image di masyarakat tentang mahasiswa, yang selama ini di cap hanya bisa ngomong dan demo melulu.

Kita mulai perubahan dengan tindakan nyata, dimulai dari diri sendiri, mulai dari hal-hal yang terkecil, mulai dari saat ini. Tidak ada kata terlambat untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Bangkitlah Mahasiswa!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline