Lihat ke Halaman Asli

Mulai Dari Diri Modul 1.1.a.3 Pramesti Wulansari CGP Angkatan 10

Diperbarui: 14 April 2024   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

REFLEKSI DIRI TENTANG PEMIKIRAN KIHAJAR DEWANTARA

Refleksi kritis

  • Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

Jawab : Pendidikan dan pengajaran tentang pemikiran KHD yaitu  kita harus menerapkan pembelajaran yang  berpihak pada murid dengan memberikan kebebasan namun sebagai guru kita juga dapat menyemangati anak agar tidak kehilangan arah dan tidak  membahayakan dirinya.

  • Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

Jawab : Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dapat dikatakan sudah  relevan dengan dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Jika model pembelajaran yang diterapkan oleh pemerintah maka ada beberapa bagian yang mengambil inspirasi dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. Saat ini pengembangan diri untuk menggali potensi diri dan bakat minat anak sangat diperhatikan, di TK Desa Kuwu 02 potensi diri anak terus digali dan dikembangkan, misalnya mengembangkan tentang kemandirian diri di sekolah diwadahi dalam kegiatan silat yang merupakann ciri khas Madiun Kampung Pesilat untuk potensi dalam bidang olahraga murid diberikan wadah ekstrakurikuler keolahragaan, bidang seni murid diberikan wadah dalam kegiatan seni tari daerah sedangkan seni musik murid diberikan wadah dalam kegiatan seni musik daerah yakni seni dongkrek khas Madiun.

  • Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Jawab : Alhamdulillah, dalam kegiatan proses kegiatan belajar mengajar memberikan kebebasan murid dikelas yang saya ampu untuk mengembangkan potensi dirinya, ada yang mengikuti kegiatan seni tari dan silat kampung pesilat.

Harapan dan Ekspektasi

  • Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Jawab : Setelah mempelajari modul ini, harapan saya sebagai seorang pendidik bisa menerapkan pemikiran-pemikiran KHD secara menyeluruh dalam pembelajaran. Dengan penerapan pemikiran KHD, saya yakin bisa menjadi guru yang merdeka dalam mengajar. Dengan merdeka mengajar, saya akan lebih menikmati proses pembelajaran dan tugas mengajar menjadi sesuatu yang membahagiakan dan tentunya bukan suatu beban.

  • Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Jawab : Harapan saya kepada murid-murid setelah saya mempelajari modul ini adalah murid bisa mengoptimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Mereka bisa belajar tanpa adanya tekanan. Mereka bisa mendapatkan pembelajaran bermakna, yakni pembelajaran yang bisa dirasakan manfaatnya oleh para murid.

  • Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Jawab : Kegiatan yang saya harapkan dalam modul ini yaitu kegiatan kolaborasi yang ke depannya memberi pengalaman berharga bagi saya. Materi yang saya harapkan dalam modul ini adalah materi-materi yang memudahkan saya untuk membuat pembelajaran lebih bermakna. Sementara itu, manfaat yang saya harapkan setelah mempelajari modul ini adalah saya bisa memahami pemikiran-pemikiran KHD dan bisa menerapkannya dalam pembelajaran secara nyata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline