Lihat ke Halaman Asli

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep Modul 1.2 Pramesti Wulansari CGP Angkatan 10

Diperbarui: 4 April 2024   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi

Mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah nilai "berpihak pada murid". Untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, saya menyesuaikan pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah. Dengan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Memberikan kebebasan kepada murid untuk memilih kegiatannya sendiri, memberi kesempatan murid untuk mengemukakan pendapat. Kegiatan belajar mengajar pun dilakukan dengan memanfaatkan metode, media, dan sumber belajar yang sesuai dengan potensi dan karakteristik murid. Karena anak ibarat kertas kosong yang sudah ada garis-garis samar, kita hanya mendampingi, mendorong, memotivasi supaya murid bisa mengenali potensinya masing-masing.

Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)

  • Membuat perencanaan pembelajaran yang berpusat pada murid.
  • Kegiatan ekstrakurikuler seperti karate, drumband, Seni mewarnai, tari dan lainnya
  • Melaksanakan kegiatan penilaian dan refleksi pembelajaran
  • Penerapan budi pekerti dan pembiasan
  • Menciptakan pembelajaran yang menarik
  • Acara peringatan hari besar keagamaan dan Nasional
  • Kegiatan rutin di sekolah seperti sholat Dhuha berjamaah
  • Aktif dalam KOMBEL sekolah
  • Kegiatan makan sayur setiap hari
  • Aktif mengikuti Pelatihan / Workshop peningkatan Guru



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline