Lihat ke Halaman Asli

Praheka Juang Wicaksani

Mahasiswa/ Business Owner

Workshop Insentif UMKM melalui Platform Canva, sebuah Program Kerja Mahasiswa KKN UM di Desa Duren untuk Membantu UMKM Lokal Go-Digital

Diperbarui: 17 Oktober 2024   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Tim PDD KKN UM

Trenggalek, 12 Oktober 2024 -- Balai Desa Duren, Kabupaten Trenggalek, menjadi tuan rumah acara pelatihan yang diadakan oleh Kelompok KKN Universitas Negeri Malang di Desa Duren. Pelatihan menyasar para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Workshop dengan tema "Meningkatkan Penjualan UMKM melalui Platform Canva" yang digelar pada hari ini, Kamis (12/10), berhasil menarik minat puluhan pelaku UMKM untuk mengikuti sesi pelatihan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform desain grafis Canva untuk menciptakan berbagai macam konten promosi yang menarik dan efektif. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM di era digital.

"Pelatihan yang diberikan mahasiswa KKN ini insyaallah akan memberikan ilmu untuk dapat menambah penjualan produk ibu sekalian. Seperti saat kita menjual produk, yang orang lihat adalah desain produknya, menarik atau tidak. Namun, ibu-ibu sekalian, saat kita mendesain produk, supaya diperhatikan bahwa kesesuaian gambar dengan produk yang dijual adalah yang utama. Jadi orang akan percaya dan membeli lagi ketika kita jujur dalam mencantumkan gambar produk", sedikit pembuka dari Pak Basuki selaku Kepala Desa Duren.

Dalam workshop ini, para peserta diajarkan berbagai fitur Canva yang dapat digunakan untuk membuat desain logo, banner, poster, hingga konten media sosial yang menarik. Selain itu, para peserta juga diberikan tips dan trik untuk membuat desain yang sesuai dengan target pasar dan tren terkini.

Diadakan sesi Focus Grup Discussion (FGD) di tengah pelatihan dengan membentuk peserta menjadi kelompok kecil. Kemudian masing-masing panitia menjadi penanggung jawab dari Tim. Antusiasme terlihat saat setiap tim mendesain poster produk untuk berjualan serta berdiskusi ide-ide bisnis yang menarik. Materi yang diberikan pada awal kegiatan, seperti pengenalan fitur-fitur Canva dan lain-lain teraplikasikan pada sesi FGD kali ini.

Kegiatan diakhiri dengan apresiasi karya peserta oleh panitia kegiatan dan ditutup dengan sesi dokumentasi bersama.

Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Trenggalek. Dengan semakin mahirnya para pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital, diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan dan memperluas pasar produk UMKM.

Sumber: Tim PDD KKN UM

Keyword: Workshop Canva, UMKM Trenggalek, pelatihan, peningkatan penjualan, digital marketing

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline