Lihat ke Halaman Asli

Galeri Investasi di Perguruan Tinggi

Diperbarui: 28 Maret 2020   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Luh Ketut Putri Pradnyani

"Prodi Akuntansi FEB Unmas Denpasar"

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang "Galeri Investasi di Perguruan Tinggi". Sebelum masuk ke inti dari pembahasan, akankah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu "investasi". Sebagai masyarakat modern mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata investasi. Investasi juga disebut sebagai penanaman modal. Jadi investasi adalah penanaman asset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh keuntungan ( laba ) lebih besar dimasa depan. Pada dasarnya investasi adalah "membeli" sesuatu yang diharapkan bisa "dijual kembali" dimasa yang akan datang dengan nilai yang lebih tinggi.

Setelah kita mengetahui apa itu investasi, sekarang kita lanjut ke inti dari pembahasan yaitu "Galeri Investasi di Perguruan Tinggi". Galeri investasi merupakan perpanjang tangan dari Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Galeri investasi didirikan atas kerjasama perguruan tinggi dengan Bursa Efek Indonesia. Adanya kerjasama tersebut dikarenakan untuk meningkatkan investasi masyarakat di pasar modal terutama terkait dengan kemudahan aksesnya dalam menunjang perekonomian suatu negara. 

Galeri investasi sangat berperan penting dalam menarik investor khususnya investor milenial saat ini. Galeri investasi perguruan tinggi terus dikembangkan di beberapa kampus sebagai sarana pembelajaran atau edukasi untuk kalangan mahasiswa yang ingin menjadi investor di dunia pasar modal. Selain itu, peran galeri investasi di perguruan tinggi yakni untuk meningkatkan literasi mahasiswa dan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pengetahuan dalam berinvestasi di pasar modal. 

Keikutsertaan mahasiswa dalam berinvestasi telah membuktikan bahwa mahasiswa telah ikut hadir dalam mengembangkan perekonomian Indonesia. Dan dengan hadirnya galeri investasi di perguruan tinggi tersebut mahasiswa bisa langsung ikut serta merasakan/melakukan investasi dengan instrument saham, melakukan analisis terhadap saham -- saham yang menjadi pilihan investor. Selain itu, dapat juga mengikuti perkembangan trend ekonomi, bisnis, keamanan, sosial yang berefek pada dinamika pergerakan saham.

Dari penjelasan diatas, sekarang tidak akan ada lagi wacana kurangnya literasi/pemahaman mengenai dunia pasar modal karena saya sudah memaparkannya. Menurut sepengetahuan saya dan menurut informasi -- informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline