Lihat ke Halaman Asli

Pradnya Lingga Kumara

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan, KKN UM Bersinergi dengan Masyarakat Dusun Semanding

Diperbarui: 25 Juli 2023   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi KKN UM Desa Sumbersekar 2023

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujud nyata dari gaya hidup ekologis. Tujuan dari kegiatan kerja bakti adalah untuk menciptakan banyak manfaat baik bagi lingkungan maupun kehidupan masyarakat. Lingkungan menjadi bersih karena selalu dijaga dan dirawat. Sumber penyakit seperti malaria dan demam berdarah dapat dihilangkan, mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit dan menjadikan lingkungan nyaman dan asri. Salah satu budaya yang menjadi identitas masyarakat desa adalah bakti sosial.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2023 bekerja sama dengan warga sekitar untuk rutin melakukan kegiatan KKN setiap hari Minggu mulai pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini meliputi pembersihan area sekitar rumah warga dan berbagai ruang publik seperti posyandu dan jalan-jalan di Dusun Semanding Desa Sumbersekar, dimulai dari pemanenan rumput, menyapu seluruh area dan mengumpulkan sampah untuk dibakar. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (KKN) dan masyarakat desa bergotong royong membersihkan kawasan dan menciptakan lingkungan yang bersih, terawat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput liar. 

Dokumentasi Pribadi KKN UM Desa Sumbersekar 2023

Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hubungan sosial antara masyarakat desa dengan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang, sehingga kedepannya dapat terjalin hubungan yang baik. Kegiatan ini biasanya diselenggarakan secara kolektif oleh masyarakat setempat. Tujuannya adalah untuk melakukan kegiatan tertentu, termasuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan, yang dilakukan secara gotong royong, menciptakan keakraban dan rasa gotong royong di antara warga desa.

Reporter : Robbi

Editor : Lingga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline