Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PGSD UHAMKA Adakan Kegiatan PKL untuk Tumpas Tuntas Penyebaran Covid-19

Diperbarui: 2 April 2022   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada tahun 2022 kembali melaksanakan program tahunan yaitu kegiatan PKL (Pelatihan Kerja Lapangan) yang dilaksanakan pada tanggal 14 - 26 Maret 2022. Kami kelompok 39 dibimbing oleh Ibu Prima Mutia Sari, M.Pd dan diketuai oleh Anisah Marety Putri yang beranggotakan Dinda Khaliza Balqis Tarmizi, Fitri Daniar, Annisa Maghfyracaesar Suprapto, Pradita Diah Ayu Lestari, Nur Indah Septiani, Farhanna Oka Putri, Siti Latifah, Basmah Hulwah dan Ochita Ratna Sari. Manfaat dari kegiatan PKL ini adalah untuk memberikan pengalaman nyata, melihat langsung, memperkenalkan, dan mengedukasi masyarakat sekitar. "Bangunlah komunikasi yang baik kepada pihak-pihak terkait dan tetap patuhi protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan PKL" ujar Bu Prima dalam zoom meeting.

Tema kegiatan PKL kelompok 39 yaitu Penanaman Nilai-nilai Keislaman serta tumpas tuntas penyebaran Covid-19 dengan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, dan Menjauhi kerumunan). Kelompok 39 memilih jenis program kegiatan PKL kemasyarakatan dan kemuhammadiyahan di PAUD Al-Fadlulloh yang berlokasi di Jln. Moh Kahfi 1 Gg. Kelinci Rt.06/06 No. 34 Kec. Jagakarsa Kel. Ciganjur Jakarta Selatan dan disambut baik oleh Bpk. Sholeh (Ketua Rt.06) dan Ibu Hj. Sarwanih, S.Pd.I (Pimpinan TPA Al-Fadlulloh). Lokasi tersebut dipilih karena masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan dan memberikan inovasi pembelajaran yang beragam dan menyenangkan pada Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) tersebut.

dokpri

Pemasangan spanduk dipilih tepat di depan PAUD AL FATH atau TPA Al-Fadlulloh karena tepat dipinggir jalan dan banyaknya orang berlalu lalang. Sehingga spanduk yang bertuliskan "Tumpas Tuntas Penyebaran Covid-19 dengan 5M" dapat menjadi media dalam memberikan informasi untuk masyarakat sekitar. Adapun kegiatan PKL yang kami lakukan seperti mengajarkan silat (tapak suci), menyanyikan lagu-lagu islami, menghapal doa sehari-hari, Mengajar Iqro / Al-Qur'an, memberikan kuis serta menghafal surah-surah pendek (Juz 30), Praktik wudhu dan salat, Penyerahan alat kebersihan, melakukan senam bersama anak TPA, membagikan masker ke masyarakat sekitar dan demonstrasi menggoreng telur tanpa minyak dalam mengatasi kelonjakan harga minyak goreng kepada ibu-ibu pengajian.

dokpri

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadaran dalam menumpas tuntas penyebaran Covid-19 dengan 5M. "Semoga adik-adik semua dapat menjadikan kegiatan PKl ini merasakan kondisi di lapangan sesunguhnya karena apa yang kalian pelajari di ruang kelas berbeda dengan kondisi lapangan. Terima kasih adik-adik Uhamka sudah melaksanakan program kegiatan kalian dengan baik semoga kalian lulus dan sukses selalu" Ujar Bpk. Sholeh (Ketua RT.06). Harapan bagi mahasiswa yakni dapat membentuk individu yang berjiwa sosial tinggi, memiliki empati terhadap sesama, serta menjadikan landasan dasar dalam kepemimpinan yang bertanggung jawab.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline