Lihat ke Halaman Asli

Pradita VinkaP

MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Globalisasi Sebabkan Pudarnya Identitas Nasional

Diperbarui: 23 Februari 2020   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Identitas nasional merupakan jati diri suatu bangsa. Yang mana identitas tersebut menjadi pembeda dengan bangsa lain. Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam kebudayaan yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan kebudayaan yang tentunya menjadikan kekayaan tersendiri bagi identias nasional bangsa Indonesia.

Akan tetapi saat ini dapat dilihat bahwa Indonesia mengalami krisis identitas nasional. Banyak penduduk Indonesia melupakan unsur-unsur kebudayaan yang merupakan basis dari identitas nasional suatu bangsa karena adanya globalisasi, akibatnya identitas nasional memudar. 

Arus globalisasi begitu cepat merambat ke dalam masyarakat terutama dikalangan remaja. Terpaan arus globalisasi yang deras membuat kalangan remaja kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. 

Contohnya saja sekarang kita dapat melihat banyak ditemukan remaja berperilaku tidak sopan terhadap orang yang lebih tua dan cenderung cuek terhadap lingkungan, cara berpakaian mereka yang cenderung ke budaya barat, mereka menggunakan pakaian minim yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan, padahal cara berpakaian tersebut jelas-jelas tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia. 

Serta para remaja sekarang lebih menyukai kebudayaan asing, seperti budaya K-Pop misalnya. Karena globalisasi mengantut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka.

Tantangan pemuda saat ini adalah menghadapai  budaya asing yang secara tidak sadar terus menekan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu perlu dipertahankan aspek sosial budaya Indonesia sebagai identitas bangsa. Salah satunya dengan penyaringan budaya yang masuk ke Indonesia dan pelestarian budaya Indonesia. 

Hakikat kemerdekaan suatu negara akan tampak disaat negara itu dapat menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya tersendiri, dan selalu membuka diri terhadap nilai yang positif dari luar baik itu yang berbentuk budaya, ekonomi, politik, dan lainnya. Sebagai suatu bangsa yang memiliki agama seharusnya kita dapat menghargai keberagaman global serta memilah yang terbaik untuk diterapkan di Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline