Lihat ke Halaman Asli

Sukses Mengurus Keluarga, Sukses Bisnis

Diperbarui: 6 November 2018   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bunda Linda bersama karyawannya


Siapa bilang untuk sukses bisnis tidak bisa dilakukan oleh seorang ibu? Dia adalah Linda Afriani atau biasa disapa dengan Bunda Linda. Bunda Linda merupakan seorang ibu rumah tangga dengan  tiga orang putri dan satu putra yang sukses berbisnis dan telah memiliki 5 bisnis besar dalam bidang kecantikan, fashion dan kuliner. Wanita berumur 39 tahun ini merupakan salah satu sosok inspiratif yang bisa dijadikan inspirasi bagi ibu rumah tangga lain yang ingin berbisnis tanpa meninggalkan kodrat utama seorang ibu. 

Dibalik kesuksesan yang dia raih seperti sekarang nyatanya tidak raih dengan mudah. Namun Bunda Linda mengatakan bahwa untuk memulai bisnis yang dibutuhkan adalah tekad kuat dan pastinya ridho suami terlebih dahulu.

Pada tahun 2008 dia  mengikuti kursus salon pada tahun 2008 dan mendirikan family salon pertama di Yogyakarta yang diberi nama Rainbow Salon & Spa sekeluarga. Salon ini merupakan salon dan spa pertama kali yang mengusung konsep spa untuk seluruh keluarga. 

Bunda Linda kembali mengembangkan ranah bisnisnya di bidang fashion pada tahun 2010.  Berbekal ilmu yang didapat dari kursus menjahit di Papmi Yogyakarta Fashion School, Bunda Linda memberanikan dirinya untuk membuka  sebuah konveksi yang bernama House of Baju Qta yang berada di jalan Godean. Berkat usaha keras dan kegigihannya produk dari House of Baju Qta telah mengikuti berbagai pameran dan fashion show skala nasional maupun internasional. 

Bunda Linda sedang mengecek kualitas batik

Kesuksesan konveksi menginspirasi Bunda Linda kembali mengembangkan bisnis fashion pada tahun 2013. Tema yang diangkat adalah batik dan kain etnik daerah dengan brand MLK Batik Nusantara. Produk yang dihasilkan antara lain baju batik dewasa, anak-anak dan remaja. 

Guna mengembangkan usaha fashion dan meningkatkan pengetahuan dibidang fashion, Bunda Linda mengikuti berbagai pameran, diantaranya Wasiat Agung Negeri Nusantara pada 25-26 Agustus 2016 di Jakarta Convention Centre. Karya Bunda bahkan mendapat perhatian khusus dari beberapa artis antara lain Jesica Milla, Abimana dan Indro Warkop.

Karyawan Omah Seragam

Tahun 2016 Bunda Linda kembali membuka usaha dalam bidang fashion  busana muslim yang diberi nama Samara Butik, Omah Seragam (konveksi seragam) dan White Paal Resto usaha Bunda yang bergerak dalam bidang kuliner. Tema yang diusung dari White Paal Resto adalah kuliner asia, yaitu Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India dan China.

Kelima bisnis yang dimiliki Bunda Linda membuktikan bahwa seorang ibu rumah tangga pun bisa sukses berbisnis tanpa meninggalkan kodratnya sebagai ibu rumah tangga. Semoga bisa menginspirasi ibu rumah tangga lainnya yang ingin berkarir sebagai wirausaha




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline