Lihat ke Halaman Asli

Malas Membaca? Singkirkan Dulu 4 Mitos Ini di Pikiran Anda

Diperbarui: 6 Maret 2017   20:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. www.eltnews.gr

Biasakanlah untuk membaca. Pendekatan yang terbaik untuk mempertajam pikiranmu adalah membaca. Biasakanlah membaca sebelum tidur. Bagi otak membaca itu ibarat olahraga bagi tubuh. Membaca itu dasar dari segalanya (Stephen Covey).

Bagi banyak orang, membaca adalah suatu tugas yang berat. Mungkin hal inilah yang menyebabkan minat baca orang Indonesia berada di urutan ke-60 dunia. Dilansir laman edukasi.kompas.com, Senin (29/8/2016), berdasarkan studi “Most Littered Nation In The World” yang  dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca.

Tentang membaca, pernahkah kita membaca sampai ke bagian akhir sebuah halaman dan bertanya kepada diri sendiri, “Apa yang baru kubaca tadi?” Seberapa sering kita kembali ke atas dan mengulangi apa yang sudah kita baca, kadang-kadang sampai tiga atau empat kali? Atau pernahkah kita terhenti pada satu kata karena pikiran sedang mengembara kemana-mana? Jika saya sendiri harus menjawab pertanyaan itu, maka jawabannya “tak hanya pernah, tapi sering

Ingatkah ketika kita belajar membaca di sekolah dasar dahulu? Mula-mula kita mempelajari huruf-hurufnya, lalu mulai menghubungkan huruf-huruf tersebut menjadi kata-kata. Kita membaca satu demi satu kata pada saat itu. Ketika menginjak kelas dua, kita sudah bisa memahami keseluruhan kalimat tanpa mengeja huruf-hurufnya. Namun, sebagian di antara kita tak pernah mengalami kemajuan lagi setelah tahap ini. Hal ini dikarenakan munculnya mitos-mitos yang kita sendiri meyakini mitos tersebut. Lalu apa saja mitos yang kita yakini dalam membaca?

  1. Membaca itu sulit
  2. Kita tidak boleh menggunakan jari ketika membaca
  3. Membaca harus dilakukan dengan mengeja kata per kata
  4. Kita harus membaca perlahan-lahan supaya dapat memahami isinya

Jika mitos tersebut selalu membayangi kita, mungkin inilah saatnya kita menyingkirkan mereka sekarang juga. Singkirkan mitos kuno tersebut dang anti dengan gagasan-gagasan baru untuk menjadi pembaca yang lebih baik.

Membaca Itu Mudah

Walaupun belajar membaca merupakan proses yang kompleks, hal itu merupakan salah satu hal yang dapat dicapai oleh otak manusia. Sebagian besar kita belajar membaca pada usia enam atau tujuh tahun dan dengan berkembangnya kemampuan mental di usia dewasa, kita bahkan mampu mengatasi tantangan-tantangan yang lebih besar.

Boleh Saja Membaca dengan Jari Kita

Walaupun kita telah diajarkan untuk tidak membaca dengan menggunakan jari (mungkin karena kita menggunakannya untuk menunjuk satu demi satu kata, yang bisa melambatkan kita membaca), mulai sekarang kita boleh dan harus membiasakannya lagi. Perbedaannya adalah bahwa kini kita akan menggunakan jari kita untuk menuntun mata kita secara cepat saat membaca bacaan. Triknya adalah selalu menggerakkannya lebih cepat daripada yang kita kira kita mampu membaca.

Kita Dapat Membaca Lebih Cepat daripada Mengeja Kata Per Kata

Sebenarnya membaca kata per kata mengurangi pemahaman karena kata-kata itu tidak dipahami dalam konteksnya dengan yang lain. Selain itu pikiran kita harus bekerja lebih keras untuk memahami seluruh gagasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline