Lihat ke Halaman Asli

Pradhiya Kurnen V

Mahasiswi dari Universitasi Muhammadiyah Yogyakarta Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Alasan Penting Usaha Mikro Kecil dan Menengah Diharuskan Go Digital

Diperbarui: 24 Mei 2023   05:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Berikut alasan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah ) harus go digital.

  • Pertama, Go Digital dapat membantu usaha mikro kecil menengah menjangkau pasar yang lebih luas.

Alasan pertama dengan memanfaatkan adanya digital bagi pelaku usaha mikro kecil menengah dapat memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sejak awal mula usaha bisa menjadi kendala utama bagi bisnis kecil. Namun, saat ini hal tersebut sudah bisa diminimalkan karena adanya sosial media serta website  atau pun internet yang jangkauan pemasarannya bisa menembus  ke dunia luas.

  • Kedua, UMKM membutuhkan branding yang kreatif untuk bersaing dengan bisnis lain.

Alasan kedua UMKM dapat memperkenalkan usahanya ke konsumen dengan menampilkan iklan dan branding di social media atau pun internet. Agar dapat bersaing dengan bisnis lain.

  • Ketiga, Go digital dapat membantu UMKM meningkatkan produk dan layanan.

Alasan ketiga yaitu dengan Go digital, pelaku UMKM dapat mendapatkan inspirasi tentang kualitas produk dan layanan yang bagus sesuai dengan perkembangannya.

  • Keempat, Go digital dapat membantu UMKM untuk bisa meminimalkan biaya operasional

Alasan keempat dengan menggunakan Go digital pelaku UMKM dapat mengurangi biaya operasional seperti sewa kios dan pemasaran offline tentu sangat memberatkan. Dengan Go digital pelaku UMKM bisa menghemat modal karena tidak harus memiliki toko fisik agar produk bisa dikenal. Karena saat ini website dan sosial media sudah bisa menjadi tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian. Biaya operasional dan pembuatan website sekarang terjangkaudan menyisihkan uang tersebut untuk kebutuhan penting lainnya.

  • Kelima, Go digital dapat meminimalkan menurunnya jumlah pelanggan

Menurunnya target pasar karena adanya kecenderungan pelanggan yang mulai nyaman dengan lingkungan digital yang semakin canggih ini. Sekarang dari jasa transportasi, pesan makanan secara, transaksi, hingga belanja kebutuhan bisa diakses secara online yang lebih efisiensi dan efektif.

  • Keenam, Perkembangan pengguna sosial media atau internet yang semakin banyak.

Banyak pengguna internet di Indonesia setiap tahun selalu meningkat secara signifikan. Pelaku UMKM harus mengikuti pertumbuhan sosial media atau pun internet agar tidak tertinggal dengan peluang baru yang lebih bagus untuk meningkatkan usahanya.

  • Ketujuh, Dengan Go digital UMKM Menjadi Lebih Profesional.

Dengan Go digital, UMKM berpotensi memiliki lebih banyak pelanggan, tapi juga mulai memulai persaingan baru di ranah industri modern atau mengikuti perkembangannya. Sebuah usaha akan mendapatkan nilai lebih dari pelanggan jika sudah memiliki akun sosial media dan website sebagai media pemasaran serta mudah untuk mencari informasi tentang produk atau jasa yang pelanggan cari.

  • Kedelapan, Go digital mengalami pertumbuhan yang cepat.

Pelaku UMKM harus mengetahui bahwa kecepatan penyebaran informasi sekarang menjadi kunci dalam bisnis digital, dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal maka jumlah orang yang melihat produk dipastikan bakal lebih banyak dan lebih beragam. Maka penjualan bisa semakin besar dan meningkat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline