Lihat ke Halaman Asli

Prabu Mulya Singacala

Menulis itu merawat ingatan agar selalu diinggat

Amanah Guru; Kebahagiaan di Hari Kelulusan

Diperbarui: 29 Juni 2024   23:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Upacara Kelulusan Kelas 3 KMI Condong, 27/06/24. Dok. Pribadi

Raut kebahagiaan terpancar dari semua orang tua wali yang hari itu berkumpul memenuhi Aula Pesantren Riyadul Ulum Waddawah atau bisa di sebut pesantren Condong.

Orang tua wali dengan khusu mendengarkan amanah pimpinan pesantren yang diwakili oleh KH. Dr. Mahmud Farid, M.Pd., beliau menyampaikan amanah Terlebih pada siswa dan siswi kelas 3 KMI yang telah berhasil menyelesaikan tugasnya dijenjanh tersebut. 

Keluarga besar kelas 3B KMI Puteri berfoto di kelas sebelum pembagian raport. Dok. Pribadi

Pada sambutannya, pimpinan pesantren menyampaikan bahwa santri KMI (Kuliyatul Mualimin) merupakan program persemaian calon pendidik yang hakikatnya semua orang adalah pendidikan. Kalian harus naik tingkat, makanya dari kelas 3 ke kelas 4, bukan dari 9 ke 10 sebagaimana di penyebutan sekolah lain. 

Kalian harus melewati terminal-terminal, ada terminal SMP terpadu, terminal SMA terpadu dan Condong sudah menyiapkan terminal lanjutan yaitu Perguruan Tinggi dengan model sekolah formal.

Harapan kami,  kalian harus menyelesaikan terminal itu. Jangan sampai anak-anak berhenti ditengah jalan, kalau dalam pribahasa Sunda namanya "cacagnangkaun" tidak selesai. Kalian harus melanjutkan menuju terminal berikutnya.

Lebih lanjut Pimpinan menyampaikan rasa terimakasih bapak Bapak/Ibu yang telah menitipkan anaknya ke kami, dan terimakasih anak-anak ku telah bersama sama susah payah di pondok ini.

Terimakasih kepada para guru semua.
Kami mohon maaf sebagai penyelenggara, apabila ada terputus komunikasi kami mohon maaf. Condong bukan lembaga terbaik, tapi tiap tahun selalu memperbaiki diri.

Foto santri putri sebelum prosesi kelulusan. Dok Condong 

Selanjutnya, Visi: menwujudkan insan paripurna yang berakhlaul Karimah dengan landasan ilmu Amaliah dan amal ilmiah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline