Lihat ke Halaman Asli

Ahok Setia Bayar Zakat, meski SBY Tak Membelanya

Diperbarui: 18 Juni 2015   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1410597141105955831

Situs pribadi Wakil gubernur Dki Basuki Tjahaja Purnama www.ahok.org, tidak hanya pamer berita asal rakyat senang macam kesuksesan pembangunan DKI, namun juga memuat “struk” gajinya. Meskipun Wagub yang akrab dipanggil Ahok ini bukan muslim, tenyata gajinya tiap bulan dipotong untuk zakat, infaq, sodakoh (ZIS).

[caption id="attachment_358964" align="aligncenter" width="555" caption="ahok.org: Struk gajian Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama"][/caption]

Sepanjang sejarah internet masuk republic ini, bisa dikata Ahok merupakan pejabat bernyalibesar dan open. Ia berani meng upload kegiatan rapat – yang dianggap sacral -- bersama jajaran dinasnya ke situs video Youtube. Tanpa tedeng aling-aling, kalau kadisnya salah, saat itu juga kena semprot. Jika tak terima, silakan kepengadilan.

Ketika dibilang tidak jantan oleh lawan politiknya karena keluar dari partai Gerindra, Ahok menjawab enteng, “Jantan itu ukurannya bukan berani atau tidak berani mundur sebagai wagub. Tapi berani ga harta lu semua laporin ke KPK?”

Sejatinya soal gaji ini sensitif. Jangankan pejabat negara mau terus terang soal gajinya. Antar teman saja main clingusan jika ditanya gajimu berapa?

Nah, Ahok justru mendobrak pakem dan budaya pejabat negeri ini yang seneng jika foto main golfnya mejeng di koran, namun tidak suka jika ada wartawan nanya gajinya.

Seperti diberitakan media, sejumlah politisi partai democrat pimpinan SBY terlibat korupsi. Terakhir menteri Jero Wacik yang kena cokok KPK berdalih, ia memeras karena gaji sebagaimenteri ESDM kecil.

Mendengar dalih demikian, presiden SBY menyatakan, "Saya berharap saudara-saudara untuk tidak memvonis dan menganggap menteri itu hidup boros dan bermewah-mewah," kata SBY usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Menurutnya, tanggung jawab dan tugas sebagai menteri jauh lebih besar dibandingkan penghasilannya. Bahkan, kata dia, gaji presiden lebih kecil dibandingkan gaji pejabat BUMN.

"Terus terang dari tanggung jawab dan status sosial, gaji menteri itu pas-pasan. Dan terus terang, gaji menteri termasuk presiden, wapres, gubernur, dan wali kota itu jauh lebih kecil dibanding pejabat negara lain seperti BUMN dan swasta," ungkapnya seperti dilansir okezone.com (11/9/2014).

Hingga tulisan ini dibuat, Ahok yang bergaji kecil belum bisa dimintai tanggapan soal pernyataan presiden SBY yang membela koruptor dibanding membela dirinya yang mati-matian menegakkan konstitusi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline