Lihat ke Halaman Asli

Jangan Dibuang! Limbah Cangkang Telur Dapat Dimanfaatkan Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)

Diperbarui: 6 Februari 2022   21:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cangkang Telur (Dok.Pribadi)

APA IYA, Cangkang telur bisa menjadi pupuk organik untuk tumbuhan ??

Bandar Lampung (06/02/2022). Pandemi Covid 19 di Indonesia masih berlangsung hingga saat ini dimana masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru, sehingga pihak perguruan tinggi juga harus dapat merancang dan merencanakan metode baru dalam menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) agar tetap berjalan dengan semestinya. 

KKN Pulang Kampung hadir sebagai salah satu metode terbaik untuk tetap melaksanakan kegiatan KKN di masa pandemi Covid-19, Kuliah Kerja Nyata berlangsung mulai dari tanggal 05 Januari hingga 15 Februari 2022 dengan seluruh rangkaian kegiatannya dilaksanakan secara mandiri dan bertempat di daerah masing-masing. 

Terselenggaranya Kuliah Kerja Nyata (KKN) pulang kampung mendorong mahasiswa untuk berfikir mandiri dan kreatif agar tetap dapat menjalankan program dengan baik dan mengacu pada tema KKN yaitu "Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). 

Para mahasiswa harus mengaplikan tema tersebut ke masyarakat, diharapkan dari program yang akan dilaksanakan mampu menambah keilmuan masyarakat dan dapat meningkatkan prekonomian. 

Salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN Pulang Kampung adalah Prabowo Dwi Ksatrio, mahasiswa semester 7 dari program studi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian melaksanakan program "Optimalisasi Peran Ibu-Ibu PKK Kelurahan Bumi Raya dalam Memanfaatkan Limbah Cangkang Telur Sebagai Pupuk Organik Untuk Tanaman"

Pamflet Sosialisasi Pembuatan Pupuk (Dok.Pribadi)

Telur merupakan produk yang dihasilkan oleh hewan ternak sepeti ayam, bebek, burung dll, telur juga salah satu sumber protein hewani yang di sukai masyarakat Indonesia karena harga yang relatif murah dan mudah didapatkan. 

Telur memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan manusia diantaranya yaitu dapat meningkatkan kinerja otak, melancarkan peredaran darah dan mencegah anemia, menurunkan resiko kanker serta dapat menurunkan berat badan. 

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia telur juga bermanfaat dalam penyuburan tanah untuk pertumbuhan tanaman dan merangsang bulu-bulu akar, bagian telur yang dimanfaatkan untuk penyuburan tanah yaitu pada kerabang atau cangkang telur nya karena  memiliki kandungan utama kalsium karbonat sebesar 90% yang dapat menjadi unsur hara penting bagi perkembangan tanaman sehingga tumbuh sehat.

Sosialisasi Materi Pembuatan Pupuk Organik Cangkang Telur dan Pembagian Pupuk (Dok.Pribadi)

Sosialisasi Materi Pembuatan Pupuk Organik Cangkang Telur dan Pembagian Pupuk (Dok.Pribadi)

Sosialisasi Materi Pembuatan Pupuk Organik Cangkang Telur dan Pembagian Pupuk (Dok.Pribadi)

Sosialisasi Materi Pembuatan Pupuk Organik Cangkang Telur dan Pembagian Pupuk (Dok.Pribadi)

Berdasarkan survei lapangan wilayah kelurahan Bumi Raya terutama di RT 001, banyak sekali masyarakat yang bercocok tanam tanaman hias dan tanaman buah namun keadaan tanaman yang kurang subur dan tidak berbuah sehingga masyarakat meminta saran dan berharap agar tanaman mereka tumbuh subur dan dapat berbuah lebat tanpa mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli pupuk. 

Oleh karena itu mahasiswa berinisiatif untuk membuat pupuk organik cair  menggunakan bahan dasar dari limbah dapur yaitu cangkang telur, mengetahui pandemi Covid-19 varian omicron meningkat bapak lurah meminta penyuluhan dilakukan secara door to door. Kegiatan ini tetap dilakukan dengan menaati protokol kesehatan yang dianjurkan yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline