Lihat ke Halaman Asli

Pengelolaan Taman Baca Masyarakat di Dusun Santan, bersama Mahasiswa PPMT UNIMMA

Diperbarui: 23 Juli 2024   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penerjunan Mahasiswa PPMT UNIMMA di Dusun Santan (sumber gambar.Risqi Rahmadila)

Mulai tanggal 20 Juni 2024, 40 mahasiswa terdiri dari 8 kelompok KKN PPMT Unimma Periode IX melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat. Khususnya di beberapa daerah di Kota dan Kabupaten Magelang. Salah satu kelompok PPMT berkegiatan di Dusun Sanantan, Desa Sriwedari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Di Lokasi ini mengambil tema “Strategi Pengelolaan Taman Baca Masyarakat Omah Pinggir Kali Guna Meningkatkan Literasi.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai Literasi
Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seraingkaian kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang di perlukan dalam kehidupan.
Literasi membaca sangat penting dalam dunia pendidikan dikarenakan keterampilan ini membantu kita untuk memahami, mengelola dan dan menyampaikan informasi secara tepat. Kemudian dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk memperluas wawasan dan pengetahuan, membantu berfikir kritis dalam mengambil keputusan dan mengasah kemampuan dalam menangkap dan memahami informasi dari bacaan.


Kegiatan di mulai dengan melakukan koordinasi dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), dengan Kepala Dusun dan pengelola TMB (Taman Baca Masyarakat) di dusun santan. Kemudian melaukan survey di lokasi TMB untuk melihat kondisi yang ada di TMB. Pembimbingan dilakukan secara langsung di lokasi. Taman Baca Masyarakat Omah Pinggir Kali merupakan salah satu program kerja yang dirancang untuk dilaksanakan di tempat PPMT, yang bertujuan untuk mengingkatkan minat baca Masyarakat dengan menyediakan bahan bacaan yang menarik dan relevan dengan kebutuhan dan minat pembaca. Selain itu, dapat memperluas akses ke bahan bacaan, taman baca Masyarakat berfungsi sebagai sarana alternatif bagi Masyarakat yang tidak memiliki akses mudah ke perpustakaan formal.


Taman baca masyarakat dapat menjadi tempat belajar dan mendapatkan pengetahuan di luar lingkup pendidikan formal. Ini membantu masyarakat terus belajar dan mengembangkan diri. Program ini mendorong konsep pembelajaran seumur hidup dengan mengajak masyarakat untuk terus belajar, membaca, dan mengakses informasi yang relevan. Taman baca masyarakat menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya di masyarakat, di mana anggota komunitas dapat berkumpul, berdiskusi, dan berbagi pengetahuan.
Peran Mitra dalam kegiatan PPMT Dusun Santan Desa Sriwedari ini adalah menyediakan sarana prasarana untuk mendukung pelaksanaan program PPMT, memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar dan berlatih dalam proses pembelajaran dengan memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan peningkatan dan sosialisasi program yang telah di buat, mendampingi selama program PPMT. Pihak mitra atau pengelola taman baca masyarakat membantu mahasiswa tatkala melakukan berbagai kegiatan dalam melaksanakan program PPMT sekaligus memberikan masukan demi kelancaran dalam pelaksanaan program PPMT.


Berikut beberapa kegiatan yang telah di lakukan kelompok PPMT di dusun santan :
1. Penyuluhan pentingnya budaya membaca pada warga masyarakat. Kegiatan ini di laksanakan pada minggu ketiga, bersama ibu-ibu PKK.
2. Pembiasaan peningkatan literasi membaca (sesi pertama) bersama anak-anak di Dusun Santan. Kegiatan di lakukan dengan membaca bersama dan bercerita
3. Kegiatan mewarnai dan membuat karya, bersama anak-anak di Dusun Santan
4. Kegiatan bersama ibu-ibu Dusun Santan, membantu mempersiapkan acara pengajian
5. Membuat kerajinan tangan dan menghias taman baca, bersama anak-anak dan anggota kelompok PPMT

Pengelolaan dan pengaktifan kembali taman baca di masyarakat dusun santan di harapkan dapat membantu para anak-anak, remaja bahkan seluruh masyarakat dusun santan untuk dapat mengingkatkan budaya literasi yang mana dulu sempat aktif dan sekarangmenjadi tidak terurus dan tidak di pakai. Harapan kami setelah melakukan pengabdian dalam mengaktifkan kembali taman baca masyarakat ini bisa meningkatkan tingkat literasi di masyarakat Dusun Santan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline