Lihat ke Halaman Asli

PPMT Membantu Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk melalui Social Media Marketing untuk Peningkatan Penjualan pada UMKM Getuk KUB Bahagia RW 07 Kelurahan Jurangombo Selatan Kota Magelang

Diperbarui: 15 Januari 2023   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen pribadi

Universitas Muhammmadiyah Magelang (UNIMMA) mengadakan program PPMT (Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu ) ditahun ini memasuki periode VI. Program ini diikuti oleh para mahasiswa yang akan melaksanankan program kerja PPMT yang dilaksanakan di RW 07,  Kelurahan Jurangombo Selatan, Kota Magelang pada tanggal 14 Desember 2022 sampai 14 Januari 2023 yang diketuai oleh Ibu Pranita Siska Utami ,S.E.,M.Sc. selaku dosen manajemen UNIMMA dan anggota Puput Rukmana, Anafsul Mutmainah, Wahyu Septiyanintiyas, Syahda Fajar Intanduhita, Wei Chitra Maharani Khadhijah.

Tim pelaksana kegiatan PPMT telah mensurvei di desa Karet RW 07 untuk melakukan program PPMT periode VI dengan topik mengenai Penguatan Kewirausahaan, Koperasi, dan UMKM.

Adapun kegiatan PPMT yang telah direncanakan sudah mendapat  persetujuan oleh ibu kepala desa. Kemudian diarahkan untuk meminta izin oleh ketua Rw 07. Lalu  tim mengunjungi ketua paguyuban dan  tiap mitra untuk  mencari kendala pada UMKM Paguyuban gethuk di Desa Karet RW 07.

Ketua UMKM Paguyuban Gethuk, Ibu Purwanti menjelaskan bahwa setiap pelaku UMKM getuk memiliki kendala pemasaran yang kurang meluas dan hanya dikenal kalangan pasar saja.

Pada kegiatan pertama berupa sosialisasi pengelolaan dan pengguaan social media dilaksanakan pada Sabtu (24/12/2022) yang dihadiri oleh Bapak Muhtadin (ketua RW 07) serta diikuti oleh sejumlah pelaku UMKM Getuk KUB Bahagia dengan materi yaitu penjelasan bagaimana cara pemasaran sebuah produk agar dapat dikenal oleh masyarakat menggunakan sosial media diantaranya Instagram, Whatsapp, Facebook. Setelah melakukan kegiatan tersebut, program kerja selanjutnya yaitu melakukan pemfotoan  produk menggunakan properti yang disiapkan oleh tim. Kemudian hasil dari pemfotoan produk tersebut akan diupload di sosial media untuk dipasarkan. Lalu tim mengajak pelaku UMKM getuk untuk mengikuti pengelolaan dan penggunaan  dalam sosial media marketing. Hasil kegiatan program kerja ini akan diimplementasikan berupa platform sosial media untuk digunakan sebagai media marketing secara online, banner untuk identitas mitra UMKM, serta alat properti foto yang dapat digunakan sebagai alat pedukung untuk sosial media marketing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline