Lihat ke Halaman Asli

ppko ukmpramuka

Unit Kegitan Mahasiswa Pramuka

PPK Ormawa UKM Pramuka: Balecatur Siap Menuju Desa Cerdas

Diperbarui: 24 Juli 2023   23:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PPK ORMAWA UKM PRAMUKA/Dokpri

Kamis, 6 juli 2023 Tim PPK Ormawa UKM Pramuka secara resmi terjun ke Balecatur untuk melaksanakan pengabdian. Penerjunan Tim PPK Ormawa UKM Pramuka berjalan lancar. Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) merupakan. sebuah program yang berfokus pada pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi mahasiswa guna meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan yang diisi dengan pembelajaran di masyarakat sekaligus mempraktikan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Dengan mengusung tema "IMPLEMENTASI TAMAN BACA DI DESA BALECATUR BERBASIS EDUTECH SEBAGAI PERWUJUDAN DESA CERDAS".

Acara penerjunan TIM PPK Ormawa UKM Pramuka dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A., Kak Dr. Vera Yuli Ervina selaku dosen pembimbing TIM PPK Ormawa UKM Pramuka, Kepala Kelurahan Balecatur, Bapak Carik Balecatur dan Kepala Pedukuhan Balecatur.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A. dalam sambutannya menjelaskan mahasiswa dalam mengikuti PPK ini akan belajar untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang didapatkan di kampus serta bisa mengembangkan kemampuan pribadi masing-masing. Puncak dari program PPK Ormawa adalah Abdidaya, yang mana adalah ajang penerimaan penghargaan bagi program kerja. Diantara nominasinya adalah perguruan tinggi, ormawa, tim pelaksana, dosen pembimbing dan mitra atau desa.

"Sehingga Desa Balecatur berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan ketika masuk nominasi sebagai mitra Tim PPK Ormawa" tambah Bapak Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A

Maratu Zahra selaku ketua Tim PPK Ormawa UKM Pramuka menyampaikan bahwa tema yang diusung adalah Desa Cerdas, dengan program kerja utama membangun lima pojok baca di Kelurahan Balecatur. Adapun alasan memilih Desa Cerdas karena seblumnya Tim UKM pramuka sudah mewujudkan Desa Cerdas Kepek, Gunung Kidul. Alasan lain adalah Balecatur pernah menjuarai ajang Perpustakaan Desa Nasional.

"Semoga Balecatur dapat terwujud menjadi salah sati desa cerdas, tentunya dengan kerja sama yang baik dari semua pihak" tutur Zahra

PPK Ormawa UKM Pramuka : Dengan Literasi, Masyarakat Cerdas, Indonesia Emas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline