Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Penelitian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UKM KPM UMY) bersama dengan masyarakat Desa Margoluwih mengadakan Workshop Branding Wisata yang dilaksanakan di Pendopo Stasiun, Desa Wisata Cibuk Kidul (14/08). Pelatihan ini dipandu oleh Lala Affafa, seorang pegiat sosial media dan konten creator dengan tema "Transformasi Ide Sederhana Menuju Konten Spektakuler: Strategi Ampuh Mendongkrak Views",.
Workshop bertujuan untuk melatih masyarakat dalam memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan branding wisata Mina Padi Cibuk Kidul di Desa Margoluwih. Fokus utama pelatihan adalah meningkatkan branding desa sebagai destinasi edu-ekowisata berbasis digital di Yogyakarta.
Lala Affafa selaku pemateri menekankan pentingnya kreativitas dalam membuat konten yang menarik dan efektif di media sosial. "Dengan strategi branding yang tepat, kita bisa menjangkau berbagai kalangan dan audiens untuk membuat desa wisata kita semakin dikenal luas sebagai tempat destinasi favorit" ujar Lala Affafa. Peserta belajar teknik-teknik dasar dalam pembuatan konten yang menarik dan cara memaksimalkan fungsinya dalam promosi desa wisata.
Workshop ini juga berfungsi sebagai platform untuk menjalin kolaborasi antara masyarakat dan mahasiswa dalam hal branding desa wisata berbasis digital. Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat muncul gagasan-gagasan inovatif yang mampu memajukan desa wisata dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan terhadap ekonomi dan budaya lokal. Dengan demikian, Desa Wisata Cibuk Kidul bisa menjadi contoh sukses dari desa wisata digital, menarik lebih banyak pengunjung, serta meningkatkan potensi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H