Lihat ke Halaman Asli

PPKO IMM BPP

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah BK, PGSD, PGPAUD Universitas Ahmad Dahlan

SD Kanisius Gamping Menjadi Tempat Sasaran Edukasi Anti Kejahatan Seksual pada Kegiatan PPKO IMM BPP

Diperbarui: 31 Oktober 2023   09:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber Tim PPKO IMM BPP UAD)

Tim Pelaksana PPKO IMM BPP melakukan kegiatan indikator keberhasilan di salah satu sekolah dasar, yaitu SD Kanisius Gamping. Pada kegiatan ini tim ormawa juga bersama-sama membantu dalam perihal sarana dan prasarana. Sasaran dari kegiatan ini adalah peserta didik dari kelas 4-6 yang ada di sekolah tersebut yang berjumlah 61 peserta didik. Pelaksanaan edukasi ini dilakukan pada hari Senin, 30 Oktober 2023 dimulai pada pukul 09.00-11.20 WIB secara langsung di tempat.

Pemateri pada kegiatan ini adalah dosen PGPAUD UAD, yaitu Ibu Avanti Vera Risti, M.Pd denga tema "Sentuhan Baik dan Buruk serta Kenali Bentuk Pelecahan Seksual dan Hak Kita". Kegiatan ini juga dipandu oleh moderator dari tim pelaksana, yaitu suadari Nindiyana Shafira mahasiswa PGSD UAD. Edukasi di sekolah dasar ini juga melangsungkan pretes dan postes yang telah dibuat antara tim PPKO IMM BPP dengan narasumber. Kemudian, PPKO IMM BPP adalah kegiatan yang pemberdayaan dan pengabdian masyarakat dalam membentuk Desa Ramah Anak. Terdapat beberapa indikator keberhasilan diantaranya adalah mengenai pembuatan kurikulum, peraturan desa anti kejahatan seksual, dan beberapa kegiatan lainnya.

(Sumber TIM PPKO IMM BPP UAD)

Kegiatan di SD Kanisius Gamping juga menjadi bentuk implementasi nilai toleransi dan ukuwah dalam masyarakat yang memiliki jiwa Pancasila. Tidak hanya itu saja Dosen Pembimbing PPKO IMM BPP, yaitu Ibu Diyah Puspitarini, M.Pd juga melakukan evaluasi terhadap tim PPKO IMM BPP. Melalui pihak Universitas Ahmad Dahlan beberapa bantuan untuk mensukseskan acara ini juga diberikan. Bapak Ragil Kurniawan, M.Pd selaku pembina IMM BPP juga bersinergi untuk mengelola bersama jajaran pengurus ormawa IMM BPP ini dalam perihal mengadakan RTL dikemudian hari. Dengan adanya kegiatan ini juga peserta didik mampu melakukan tindakan yang berhubungan dengan preventi mengenai kasus-kasus kejahatan seksual pada anak yang tengah marak dan membahayakan ini. 

(Sumber Tim PPKO IMM BPP UAD)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline