Lihat ke Halaman Asli

PPKO IMM BPP

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah BK, PGSD, PGPAUD Universitas Ahmad Dahlan

Tim PPK Ormawa IMM BPP Melaksanakan Pemberdayaan TPA di Musalah Al-Maun

Diperbarui: 11 Agustus 2023   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada hari kamis, 10 Agustus 2023 tim PPK Ormawa IMM BPP memberikan pemberdayaan sekaligus pengajaran kepada peserta didik di TPA Al-Maun. Proses pelajaran yang diberikan adalah mengenai tata cara berwudu sebagai bentuk kesadaran atas kesucian diri. Tim PPK Ormawa bersama Ormawa IMM BPP melakukan kegiatan ini secara bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan dengan jumlah peserta didik sekitar 30 anak di musalah Al-Maun. Peserta didik sangat antusias dalam memperoleh materi berwudu dengan cara bernyanyi dan praktik langsung.

Proses acara dimulai pukul 15.40-17.45 WIB dengan mempertimbangkan isi kualitas dari materi yang disampaikan sekaligus efisiensi penyampain materi. Tidak hanya itu saja tim ormawa juga mengajarkan mengenai persoalan kenapa harus berwudu pada kegiatan TPA ini. Kemudian, sebelum berkegiatan tim menyusun laporan yang akan menjadi proses pelaksanaan kegiatan TPA ini. Peran Dosen pembimbing pada kegiatan ini adalah membantu mengkonfirmasi materi berwudhu agar bisa diresapi dengan baik oleh peserta didik.

Dok. pribadi

Universitas melalui tim PKM Center UAD juga membantu dengan mengkontruksi hasil kegiatan ini agar dapat diambil evaluasi sebagai bentuk kesadaran atas tim. Harapan dengan adanya kegiatan adalah mampu membentuk karakter peserta didik yang memiliki jiwa sadar terhadap kebersihan sehingga mendorong untuk sadar dalam pencegahan kejahatan seksual. Kegiatan TPA juga menjadi bentuk keberhasilan program dari PPK Ormawa ini, yaitu pemberdayaan masjid. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline