Lihat ke Halaman Asli

Penanaman Bibit Pisang Saba Di Lahan Pertanian Kalurahan Serut Oleh Sanggar Tani Muda Kalurahan Serut

Diperbarui: 21 September 2023   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Tim Medpub PPK Ormawa HMPS Fisika 2023

Setelah melalui beberapa rangkaian kegiatan, kegiatan penanaman ini adalah salah satu kegiatan inti dari PPK Ormawa HMPS Fisika. Karena PPK Ormawa HMPS Fisika mengangkat tema "Akselerasi Sanggar Tani Muda Milenial Kalurahan Serut Melalui Inovasi Pengolahan Pisang Saba (Musa Paradisiaca Forma) Berbasis Tata Kelola Terintegrasi".

Selasa, 19 September 2023 sanggar tani muda Kalurahan Serut telah melaksanakan penanaman pisang di lahan pertanian Kalurahan Serut, Kapanewon Gedangsari, Kab. Gunungkidul yang di dampingi Tim PPK Ormawa HMPS Fisika. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pihak, yaitu: Kalurahan Serut, Sanggar Tani Muda, Tim Ormawa HMPS Fisika, dan Tim Pelaksana PPK Ormawa serta masyarakat setempat. Pihak Kalurahan Serut dihadiri oleh Kepala Lurah beserta pengurus desa. Kegiatan ini dimulai pada pukul 15.00 WIB. Sebelum kegiatan ini dimulai, tim pelaksana dan tim ormawa sudah terlebih dahulu mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk penanaman.

Sumber: Tim Medpub PPK Ormawa HMPS Fisika 2023

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan PPK Ormawa HMPS Fisika.  Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh Anggi Angraeni selaku MC dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dosen Pembimbing PPK Ormawa HMPS Fisika 2023 dan  Kepala Lurah Serut. 

Penanaman pisang pertama dilakukan secara simbolis oleh Bapak Sugianta selaku Kepala Lurah Kalurahan Serut dan dilanjutkan oleh perangkat desa, tim pelaksana, tim ormawa dan masyarakat yang hadir. Dalam kegiatan ini, tim pelaksana PPK Ormawa dan Sanggar Tani Muda melakukan penanaman sebanyak 130  bibit pisang. Dalam proses penanaman semua yang hadir mempunyai tugasnya masing-masing. Setelah bibit ditanam, masing-masing bibit pohon pisang diberi pupuk dan disiram. Harapannya dengan penanaman bibti pisang ini bisa menjadi salah satu kegaiatan pedukung bagi masyarakat, serta menjadi salah satu ketahanan pagang di masa mendatang dengan melakukan pengolahan-pengolahan dari bahan dasar pisang saba.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline