Lihat ke Halaman Asli

Terlaksananya Sekolah Lapangan Pengolahan Pupuk VOC kepada Sanggar Tani Muda di Kalurahan Serut

Diperbarui: 25 Agustus 2023   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Tim PPK-O HMPS Fisika UAD sukses melaksanakan program sekolah lapangan pengolahan pupuk menggunakan limbah organik di Kalurahan Serut. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan oleh tim pelaksana agar sanggar tani muda di Kalurahan Serut dapat mengolah limbah organik menjadi pupuk hingga nantinya dapat dijadikan produk.

Pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 tim pelaksana PPK-O HMPS Fisika dengan berkoordinasi dengan sanggar tani muda Kalurahan Serut berbagi pengalaman tentang tata cara pengolahan limbah organik menjadi pupuk dengan cara yang mudah dan sederhana. Dimulai dari menyiapkan bahan yang diperlukan seperti limbah organik dari buah dan sayur, gula, bahan kimia sebagai aktivator dan air. Dimulai dengan menggunakan ember sebagai tempat pembuatan pupuk organik, kemudian mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan dan diaduk hingga merata, setelah itu tutup ember dengan rapat agar proses pembusukan berjalan dengan baik, lalu ditunggu selama 2 minggu agar pupuk mengalami pembusukan sempurna hingga bisa digunakan.

Sekolah lapangan ini dilakukan dengan melakukan pemberian materi tentang pentingnya pupuk bagi tanaman serta pemanfaatan limbah organik yang baik dan juga dilaksanakan praktik secara langsung agar ilmu yang didapatkan bisa langsung diterapkan dengan baik. Tim pelaksana PPK-O HMPS Fisika berharap dengan adanya sekolah lapangan pengolahan limbah organik menjadi pupuk ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kalurahan Serut, khususnya bagi sanggar tani muda Kalurahan Serut agar dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di Kalurahan Serut sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline