Lihat ke Halaman Asli

PPK Ormawa BEM FEMA IPB

BEM FEMA IPB University

Program PPK Ormawa IPB University Menghidupkan Kembali Warisan Budaya melalui Pertunjukan Wayang pada Anak

Diperbarui: 22 Agustus 2024   15:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PPK Ormawa BEM FEMA IPB 

Kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswa (PPK Ormawa) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (BEM FEMA) yaitu SEMBADA, baru-baru ini telah menampilkan sebuah acara yang sangat istimewa guna memperkenalkan warisan budaya nusantara sejak dini pada anak dan memberi motivasi untuk belajar dan berkembang, yaitu melalui pertunjukan wayang yang dibawakan oleh anak-anak di Madrasah Al-Fitri, Desa Sukawening, Kabupaten Bogor pada hari Sabtu, 13 Juli 2024. 

Pertunjukan wayang ini melibatkan anak-anak usia 7-12 tahun sebagai dalang. Sebelumnya, mereka telah diberikan materi mengenai sejarah dunia pewayangan oleh tim pojok minat bakat PPK Ormawa BEM FEMA IPB dengan metode fun learning. Dengan semangat dan antusias yang tinggi, mereka membawakan berbagai jenis cerita seperti cerita rakyat, dongeng, dan fabel yang dibuat ke dalam bentuk seni pertunjukan wayang.

Dalam pelaksanaannya, tim pojok minat bakat PPK Ormawa BEM FEMA IPB membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok dengan cerita yang berbeda untuk ditampilkan dan setiap anggota kelompok mendapatkan peran tokoh masing-masing. Uniknya, alat peraga yang digunakan untuk pertunjukkan wayang ini dibuat langsung oleh masing-masing anak dari kertas berbentuk tokoh yang akan mereka perankan

Keegiatan ini tidak hanya mengasah kreativitas anak, tetapi juga tetapi juga meningkatkan rasa cinta terhadap budaya tradisional. Antusias tinggi dari anak-anak dibuktikan dengan tidak sabarnya mereka untuk menunjukkan penampilan wayang, "Kak...kelompok aku dulu kak yang menampilkan wayang," ujar anak-anak tersebut bersemangat untuk menjadi penampil pertama.

Cerita yang dibawakan oleh anak-anak tersebut memiliki nilai-nilai moral yang penting seperti berbakti kepada orang tua, persahabatan, pengorbanan, kerjasama, keberanian, dan kebijaksanaan. Dengan keberanian untuk menampilkan pertunjukan wayang diharapkan dapat mengajarkan kepada mereka untuk menjadi pendengar yang baik, percaya diri, dan kreatif.

Tentang PPK Ormawa BEM FEMA: PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswa) adalah salah satu program yang diinisiasi oleh BEM FEMA (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang edukatif dan inovatif yang sekaligus juga untuk meningkatkan kompetensi Organisasi Kemahasiswaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline