Lihat ke Halaman Asli

BEM FKIK ULM

Badan Eksekutif Mahasiswa FKIK ULM

Sosialisasi Kegiatan dan Launching Aplikasi Rumah Paman pada Kegiatan PPK Ormawa BEM FKIK ULM 2024

Diperbarui: 5 September 2024   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Sosialisasi Kegiatan dan Lauching Aplikasi Rumah Paman PPK Ormawa BEM FKIK ULM/dokpri

(6/06/2024), Bertempat di Halaman Kantor Desa Sungai Rangas Tengah, telah berlangsung kegiatan "Sosialisasi Kegiatan dan Launching Aplikasi Rumah Paman" yang dimulai pukul 08.00 WITA. Acara ini dihadiri oleh 33 masyarakat, dan kegiatan ini juga dihadiri oleh pembina organisasi, tim pelaksana PPK BEM FKIK ULM 2024, tokoh masyarakat, dan Pemerintah Desa Sungai Rangas Tengah.

Tim PPK Ormawa BEM FKIK ULM tahun ini mengambil tema "Rumah Sampah Digital" dengan judul "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah “Paman” Berbasis Rumah Sampah Digital Berkonsep Ekonomi Sirkular Sampah Menuju Desa Rangas Tengah Yang Mandiri."

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Tim Pelaksana, Afif Fakhri yang menjelaskan tujuan dan manfaat dari peluncuran aplikasi Rumah Paman. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah transaksi dan pengelolaan Bank Sampah Paman yang telah diinisiasi desa dan kegiatan PPK Ormawa BEM FKIK ULM ini hadir untuk memberikan pendigitalisasian, serta meningkatkan efisiensi komunikasi antar nasabah bank sampah.

Sesi sosialisasi kegiatan memuat penjelasan mengenai timeline kegiatan yang akan dilaksanakan dan launching aplikasi meliputi demonstrasi langsung dari aplikasi Rumah Paman, yang menampilkan berbagai fitur unggulan seperti "Jemput Sampahmu", "Antar Sampahmu", "Fitur Saldo" dan memuat materi-materi mengenai pengelolaan lingkungan dan pendaurulangan limbah sekam padi dan minyak jelantah. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba aplikasi dan memberikan masukan terkait aplikasi Rumah Paman.

"Peluncuran aplikasi ini adalah langkah besar dalam mendukung program pemerintah desa yang sedang megembangkan desa digital" ujar Ketua Tim Pelaksana PPK Ormawa. "Dengan Aplikasi Rumah Paman, kami berharap dapat menciptakan sistem yang lebih terintegrasi dan responsif, memfasilitasi para nasabah untuk lebih mudah dalam menyetorkan sampahnya ke Bank Sampah Paman." ujarnya.

"Peluncuran Aplikasi Rumah Paman hari ini adalah momen penting bagi kita semua dalam organisasi mahasiswa. Sebagai Ketua Umum BEM, saya sangat menyambut baik inovasi ini, yang tentunya akan membawa banyak manfaat bagi pengelolaan kegiatan PPK Ormawa dan Pemerintahan Desa Sungai Rangas Tengah. Aplikasi ini bukan hanya sekadar alat digital, tetapi sebuah solusi yang dirancang untuk mengatasi tantangan komunikasi dan koordinasi yang sering kita hadapi. Dengan fitur-fitur yang terintegrasi, saya yakin Rumah Paman akan membantu kita dalam penyetoran sampah dengan lebih efisien dan efektif.", ujar Ketua BEM FKIK ULM, Muhammad Fauza Akmal.

Selain sosialisasi dan peluncuran aplikasi, acara juga diisi dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendalami lebih lanjut tentang fitur-fitur aplikasi serta memberikan feedback langsung kepada tim pelaksana selaku tim pengembang.

Acara ditutup dengan penyerahan aplikasi Rumah Paman kepada pihak desa sebagai desa yag akan menggunakan aplikasi rumah sampah digital. Diharapkan dengan adanya aplikasi Rumah Paman, kegiatan PPK Ormawa akan menjadi lebih terorganisir dan efisien, dan terlaksananya program desa digital.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline