Lihat ke Halaman Asli

PPK OrmawaHimaprodi

Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar

Antusias Warga Desa Pucungroto dalam Memeriahkan Kegiatan Pembukaan PPK Ormawa Himaprodi PBSI dengan Berbagai Penampilan Menarik

Diperbarui: 18 Juli 2024   07:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi oleh Tim PPK Ormawa Himaprodi PBSI 2024

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himprodi PBSI) resmi dibuka pada Kamis, 11 Juli 2024, dengan beberapa rangkaian acara yang menarik perhatian warga. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Dusun Purwosari, Desa Pucungroto, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Program PPK Ormawa Himaprodi PBSI mengangkat topik sekolah perempuan dengan judul "Pengembangan life skills Perempuan Melalui Seputik Sekar (Sekolah Perempuan Aktif, Kreatif, Semangat Berkarya) Berbasis Unggulan Desa Pucungroto".
Pada kegiatan pembukaan program, Tim PPK Ormawa Himaprodi PBSI dibantu oleh tim volunteer bersama Anggota Ormawa serta didukung penuh oleh pihak desa sehingga acara pembukaan dapat berjalan dengan lancar dan mendapat kesan positif dari masyarakat sekitar. Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh pihak Universitas Tidar, seperti perwakilan rektor dan  wakil rektor bidang tiga Kepala Bagian Akademik Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), serta dosen pendamping PPK Ormawa. Perwakilan mitra juga turut hadir dalam acara pembukaan ini, yaitu Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM serta Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Magelang. Beberapa pihak seperti Babinsa dan Babinkamtibmas, kepala desa, serta perwakilan ibu PKK Desa Pucungroto juga turut hadir sebagai tamu undangan pada acara pembukaan.

Kegiatan dibuka dengan penampilan hadroh, sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, dan ditutup dengan penampilan kesenian. Penampilan hadroh oleh ibu-ibu Desa Puncroto tampil untuk menyambut para tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan; sambutan pertama disampaikan oleh Fiki Mahya Mafaza selaku ketua PPK Ormawa Himaprodi PBSI, sambutan kedua disampaikan oleh Ibu Winasti Rahma Diani, M.Hum selaku dosen pendamping, sambutan ketiga disampaikan oleh Bapak Abdul Ghofur, S.E.I, selaku Kepala Desa Pucungroto, dan sambutan yang terakhir oleh perwakilan rektor Universitas Tidar, Bapak Wahyu Andriyanto, S.A.P.

Dalam sambutannya, Wahyu Andriyanto, S.A.P., selaku Kepala Bagian Akademik BAAK Universitas Tidar, menyampaikan bahwa pembukaan PPK Ormawa menjadi langkah awal untuk membangun semangat dalam menjalankan program ke depan. Adanya program ini tentu memberikan dampak positif terhadap masyarakat serta universitas sebagai bagian dari program pemberdayaan dan pengabdian. "Saya berharap program PPK Ormawa Himaprodi PBSI dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih pula kepada masyarakat yang sudah sangat antusias mengikuti kegiatan dan membantu kami," ujar Fiki Mahya Mafaza selaku ketua PPK Ormawa Himaprodi PBSI.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh perwakilan rektor Universitas Tidar, dosen pendamping, kepala desa, dan ketua PPK Ormawa sekaligus disaksikan oleh para tamu undangan, perangkat desa, dan masyarakat Desa Pucungroto. Pemotongan tumpeng menjadi simbol peresmian pembukaan program PPK Ormawa Himaprodi PBSI.

Acara ditutup dengan sesi hiburan dan pengenalan produk makanan khas desa, yaitu geblek, yang diproduksi secara massal oleh masyarakat setempat. Hiburan dalam acara tersebut sangat meriah, diisi dengan penampilan dari kesenian Manggala Rimba, termasuk topeng ireng junior dan dewasa, srikandi topeng ireng, tari geol genok, babak montolan, dan babak kewan-kewan. Semua penampilan disaksikan dengan penuh antusias oleh seluruh warga yang hadir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline