Lihat ke Halaman Asli

Tips Buka Bengkel Modern

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

TIPS BUKA BENGKEL MODERN


Salam Sukses untuk pecinta otomotif....

Dikesempatan kali ini Power Force ( swalayan otomotif ) akan membagikan beberapa tips buka bengkel dengan konsep modern market atau sering disebut dengan konsep Swalayan.
Berikut langkah - langkah yang harus anda siapkan sebelum memulai bisnis otomotif swalayan dan bengkel modern

1. Modal
Benar sekali setiap kita akan membuka suatu usaha pasti hal pertama yang ada di pikiran kita adalah modal. Berapakah besaran modalnya ? wah kalau menghitung malah anda akan jadi pusing, untuk modal buka bengkel sangatlah relatif tergantung dari dari mana anda akan memulainya. Dari mulai pemilihan tempat untuk usaha ( sewa/milik sendiri ), pemilihan barang dagang mau jualaan dilevel apa low-midle-hight dan memilih jenis nya dari sparepart,variasi,helm,apparel, dan racing part. Pastinya semua itu memerlukan survey dulu di sekitar lokasi dimana anda buat bengkelnya

2. Tempat
Tempat adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam anda akan memulai usaha otomotif terutama swalayan dan bengkel. Pilihan tempat ini akan mempemgaruhi perkembangan usaha yang anda akan jalankan untuk kemajuan ke depannya.
Faktor - faktor yang mempengaruhi adalah :
a. Luas bangunan
Untuk konsep swalayan memerluka setidaknya 2 ruko bangunan 1 ( satu ) ruko untuk toko/swalayan dan 1 ( satu ) ruko untuk Bengkel / perawatan kendaraan bermotor

b. Letak/posisi
Disarankan untuk lokasi usaga ini berada di tengah kota dengan arah ruko/ bangunan usaha disebelah kiri jalan pas kendaraan orang pada balik kerja, bukan pada arah kiri kendaraan orang pada berangkat kerja.Lokasi juga memerlukan survey pemduduk atau warga sekitar tempat usaha untuk menghitung kemungkinan luas market yang akan dijangkau. Selai itu juga menghitung jumlah kendaraan yang melintas per 1 menit berapa jumlah kendaraan yang melintas. Untuk standart buka swalayan memerlukan sekitar 60 - 100 kendaraan/mnt

3. Software
Ada yang menganggap software ini tidak penting bagi sebagian orang yang baru memulai. padahal software ini sangatlah penting untuk kita dapat menganalisa perkembangan usaha yang kita jalankan. Mulai dari in-out barang dagang, in-out keuangan, laporan keuangan bulanan, laporan pengeluaran oprasional dan lain-lain. Selain itu yang lebih penting yaitu membuat estimasi order barang fast moving dan slow moving supaya perputaran uang di toko tidak labil alias akan stabil.

4. SDM
Salah satu faktor yang penting sekali. karena konsep swalayan ini menekankan kepada pelayanan dan kepuasan pelanmggan. Dimana memerlukan inclass traning dan pemahaman SOP yang akan dijalankan di oprasional swalayan otomotif tersebut. Demi terciptanya kepuasan pelanggan bukan hanya skill yang diutamakan tp juga dari penampilan juga attitude SDM yang mampu meraih hati para pelangganya supaya dapat kembali lagi ke toko/.swalayan yang kita kelola itu.

5. Promosi
Jangan lupa bagian yang satu ini. Untuk menarik banyak konsumen supaya dapat masuk / berkunjung ke toko yang baru buka harus dibuat pemanis ( promo ) supaya banyak orang yang akan belanja ditempat / toko baru itu. Pilihlan promosi ( promo ) yang tepat dan mengena sasaran. jangan sampai sudah mengeluarkan dana tp malah promosinya ga mengena jadi sia-sia nantinya tu...karena semakin banyak orang yang tahu akan toko yang baru buka itu, maka semakin cepat toko itu akan ramai serta disupport dengan pengadaan barang yang cepat pula serta harga yang dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, Jangan sampai toko kita sudah dicap harga mahal. apalagi kalau ditambah pelayanan yang tidak memuaskan,,bakalan bahya tu....

6. Barang dagang
Pastinya ini harus jeli ni...gmn kita harus memilih market atau jenis barang yang akan kita jual, harus memulai dengan survey beberapa tempat dan survey ke beberapa konsumen mengenai barang yang akan kita mainkan didalam toko tersebut. Jangan sampai kita salah pilih barang dan salah bidikan market mana yang akan kita ambil bakalan bahaya tu,,,bidikan market sangatlah penting untuk menemukan atau mengorder jenis-jenis barang yang akan kita hadirkan di toko kita nantinya.

Selain diatas ada juga yang menyebutkan yaitu SWOT ANALISIS
1. Kelebihan
2.Kekurangan
3.Peluang
4. Ancaman
" Kelebihan yang kita punya untuk segera menutup semua kekurangan serta dapat segera mengambil peluang yang ada untuk menghindari ancaman yang akan datang pada usaha kita nantinya"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline