Lihat ke Halaman Asli

Posma Siahaan

TERVERIFIKASI

Science and art

Perutku "Sonop", Dok!

Diperbarui: 21 November 2017   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Shutterstock

"Masih tidak mempan dengan obat kemarin?"Tanya saya penasaran,  karena biasanya pasien dengan gangguan perut terasa menghisap seperti ini,  yang di Palembang diistilahkan 'sonop',  diberikan penurun asam lambung jenis 'proton pump inhibition' (PPI), pelapis selaput lendir lambung jenis reb*mi*ide dan pengatur gerakan usus sejenis d*mperi*on, rasa sakitnya cenderung hilang.

Cukup 1-2 minggu untuk radang atau sedikit lecet di dinding selaput lendir lambung, tetapi kalau koreng sudah membesar perlu pemberian kombinasi ini selama 2 bulan atau lebih. Jangan lupa periksa fungsi hati, karena obat PPI dikabarkan ada efek samping di hati kalau dimakan dalam waktu lebih 2 bulan.

"Saya kehabisan obat, dok. Rujukan habis juga. Mau minta rujukan baru belum dikasih katanya harus makan obat dari dokter keluarga dahulu selama 3 kali, sesudah 3 kali saya masih kesakitan, baru dikasih rujukan..."Katanya kesal.

Sebenarnya kalau sudah berbulan-bulan sakit demikian apalagi ada riwayat buang air besar hitam cair seperti kopi atau ada muntah berdarah hitam kecoklatan ada indikasi dirujuk untuk melakukan endoskopi untuk menyingkirkan adanya tumor saluran cerna.

"Saya takut endoskopi,dok. Membayangkan selang masuk ke mulut saya saja sudah mual..."Katanya.

"Baiklah, kita kasih obat kombinasi kemarin sampai 2 bulan, ya. Tetapi jangan lupa harus rajin makan agar-agar atau 'jelly', supaya perutnya tetap terisi oleh serat-serat itu sampai 6-8 jam, terutama saat mau tidur.

Agar-agar (dokumentasi pribadi)

Setelah diobati 2 bulanan, akhirnya keluhan si pasien berusia 50 tahunan itu berkurang dan cenderung hilang, walau sering kambuh kalau dia tidak sengaja makan pedas, makanan bersantan seperti rendang dan termakan yang ada alkohol seperti tape dan durian.

Jadi, apakah perut anda sering 'sonop'? Rajin-rajinlah buat agar-agar dan simpan di kulkas, mudah-mudahan tanpa obat pun perut anda akan berkurang sakitnya.

dari FB Kompal




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline