Lihat ke Halaman Asli

Posma Siahaan

TERVERIFIKASI

Science and art

"Tolong Majukan Kontrol Sehari, Dok, Karena Saya Mau Masuk Asrama Haji."

Diperbarui: 20 Juli 2017   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Berhubung ini tanggal 19 Juli 2017, maka jadwal kontrol bulanan pasien kronis BPJS Kesehatan yang berobat pagi tadi seharusnya 19 Agustus 2017 karena obat darah tinggi dan jantungnya cukup 30 hari, tetapi si Bapak ini memohon dengan sangat dimajukan sehari karena jadwal masuk asrama hajinya tepat tanggal 19 Agustus 2017.

"Baiklah, Pak. Ini saya kasih keterangan, setuju maju sehari, karena mau naik haji.."Kata saya sambil menyalaminya semoga jadi haji yang mabrur.

"Terima kasih sekali, dok. Takutnya nanti disana mencari obat yang cocok susah, kalau sudah ada 30 hari ya tinggal mencari yang 10 hari lagi...."Katanya, karena rencananya dia di tanah suci selama 40 hari.

Si pasien mendaftar hajinya sejak 2010 dan mengalami beberapa kali kenaikan harga ongkos naik haji, sampai ditetapkan bisa ibadah tahun ini. Sebelumnya dia sudah umroh satu kali.

Sebenarnya si pasien bisa saja membeli obatnya yang sama dengan persiapan dua bulan, tetapi dia merasa lebih percaya diri kalau dikontrol tekanan darah dan diperiksa jantungnya sekali lagi sebelum berangkat, karena usianya sudah 60-an akhir dan harus siap fisiknya yang terbaik.

"Jaga makan, jangan terlalu banyak berlemak dan kurangi garam, pak. Olahraga jalan kaki atau bersepeda tiap hari boleh juga setengah jam, supaya jantungnya tahan dengan aktifitas dan ibadah disana..."Pesan saya.

"Iya, dok. Saya juga berangkat dengan istri, jadi memang harus kuat, karena dia juga harus dijaga..."Katanya.

Memang waktu kontrol pasien dengan penyakit kronis seharusnya tepat 1 bulan, tetapi terkadang untuk alasan tertentu dapat dimajukan 1 sampai 3 hari dengan beberapa alasan:

1. Ada hari libur yang panjang, misalnya cuti bersama lebaran, maka si pasien yang misalnya harus kontrol tanggal 26, bisa dimajukan tanggal 23.

2. Ada kegiatan penting seperti naik haji, tugas-tugas tertentu, maka jika si dokter membuat keterangan, maka kontrolnya dapat dimajukan beberapa hari, tetapi setahu saya jangan lebih 5 hari, karena bisa saja aplikasi kronisnya terkunci.

3. Bila kontrolnya mundur, masih diperbolehkan asalkan jangan lewat masa berlakunya rujukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline