Lihat ke Halaman Asli

Posma Siahaan

TERVERIFIKASI

Science and art

Maunya Bugar dengan Vitamin C Dosis Tinggi, Malah Susah Kencing

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13976610421576491789

[caption id="attachment_332042" align="aligncenter" width="572" caption="(dokumentasi pribadi)"][/caption]

"Ada masalah sedikit, dok. Kalau kencing beberapa minggu ini suka tersendat," Kata kakek usia 60 tahunan yang sebelumnya sering kontrol di poliklinik dengan penyakit kencing manis, TBC paru dan riwayat pembengkakan prostat jinak tetapi sudah dioperasi 4 tahun lalu.

"Mungkin prostatnya bengkak lagi kek, secara teoritis memang mendekati 5 tahun maka ukuran prostat yang membengkak, kemudian dikorek dan mengecil, akan dapat kembali membengkak seperti sebelum dikorek (operasi)," Kataku. Namun setelah diperiksa colok dubur, prostat si kakek tidak besar-besar amat.

"Apa ada hubungannya saya suka makan vitamin C dosis tinggi 500mg sehari setahun terakhir, dok?" Tanyanya penasaran. Si kakek diberitahu temannya kalau makan vitamin C dosis tinggi maka kondisi tubuh akan lebih bugar.

"Oh, bisa. Kalau minum vitamin C dosis tinggi namun saluran kencing tidak optimal kondisinya, maka vitamin C akan berubah ke bentuk oksalat dan bertumpuk menjadi batu di ginjal," Kataku.

Lalu diperiksa ronsen polos perut dan didapatkan batu di kandung kemih berbentuk mirip papan selancar kecil.

"Wah, berarti saya harus melarang teman-teman saya yang lain makan vitamin C setiap hari ya? Nanti semuanya kena batu?" Tanyanya.

"Oh, belum tentu kek. Ada orang tertentu yang berbakat besar bikin batu, ditambah sering saluran kencing infeksi dan pernah ada sumbatan pembengkakan prostat, maka batunya jadi. Tadinya ada di ginjal namun bisa turun juga sampai ke kandung kemih. Kakek mau dioperasi atau coba pakai obat pemecah batu dulu?" Tanyaku.

Si kakek memilih makan obat dahulu dan vitamin C-nya distop. Sesudah 2 bulan makan obat ternyata batunya tidak hilang dan akhirnya terpaksa dioperasi.

Nah, sering banyak pertanyaan apakah makan vitamin C dosis tinggi atau yang disuntik ke pembuluh darah selalu bikin batu ginjal/saluran kencing? Jawabnya tidak.

Bila anda turunan orang tua yang pernah ada batu ginjal, berpenyakit yang memungkinkan saluran kencing tersumbat atau infeksi, maka harus lebih hati-hati. Untuk bugar tidak harus pakai vitamin C suplemen, dari buah-buahan biasa juga bisa dan secukupnya saja.

Semoga bermanfaat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline