Lihat ke Halaman Asli

posko85

mahasiswa

Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Desa Brangsong Membantu Kegiatan Belajar Mengajar di TPQ Miftahul Falah

Diperbarui: 17 Juli 2024   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN MIT UIN WALISONGO BRANGSONG

Kendal - Program KKN MIT UIN Walisongo divisi pendidikan dan kegamaan mulai melaksanakan kegiatan mengajar di TPQ Miftahul Falah. Senin (08/07/2024).

Keterlibatan mahasiswa KKN dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara bergilir, dengan pembagian tiga kelas dan masing-masing kelas dibantu oleh dua anggota KKN, memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan pendidikan di TPQ Miftahul Falah RT 11 RW 04.

Mahasiswa KKN sangat bangga dapat berpartisipasi aktif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di TPQ Miftahul Falah. Pembagian tugas secara bergilir memungkinkan kami untuk memberikan perhatian yang optimal kepada setiap siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan terarah. Dengan adanya dua mahasiswa di setiap kelas, kami dapat saling mendukung dan berbagi peran, baik dalam mengajar materi maupun dalam membantu siswa yang membutuhkan bimbingan khusus.

Kehadiran mahasiswa KKN dalam kegiatan mengajar juga membuka peluang untuk menerapkan ilmu dan keterampilan yang telah di peroleh selama kuliah. Dimana mulai belajar  beradaptasi dengan berbagai karakter siswa dan mengembangkan metode pengajaran yang kreatif dan inovatif. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya mahasiswa KKN sebagai individu, tetapi juga meningkatkan kapasitas kami sebagai calon pendidik yang berkompeten.

Tidak dapat dipungkiri, tantangan dalam mengajar anak-anak di TPQ cukup beragam, mulai dari perbedaan tingkat pemahaman hingga masalah disiplin. Terdapat beberapa anak yang memang sudah pandai dalam mengaji dan ada juga yang masih tahap belajar. Namun, tantangan ini sebagai peluang untuk belajar dan berusaha memberikan yang terbaik.

Partisipasi mahasiswa KKN dalam kegiatan belajar mengajar di TPQ Miftahul Falah adalah bentuk nyata dari pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan salah satu tujuan utama dari program KKN MIT UIN Walisongo terkhusus dari divisi pendidikan dan keagamaan. Besar harapan upaya program kerja ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi perkembangan pendidikan anak-anak di TPQ Miftahul Falah dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkontribusi bagi kemajuan masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline