Lihat ke Halaman Asli

KKN POSKO 8

Mahasiswa Institut Agama Islam Al Qodiri Jember

Mahasiswa Peserta KKN-IC Posko 8: Pelatihan Pengembangan SDM Guru Ngaji (Tahap Deliver/Destiny)

Diperbarui: 3 September 2022   01:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Peserta KKN-IC Posko 8 : Pelatihan Pengembangan SDM Guru Ngaji

JEMBER- Sabtu, 20 Agustus 2022

Suasana posko 8 terlihat begitu sibuk. Aktifitas mahasiswa peserta KKN-IC Posko 8 Institut Agama Islam Al Qodiri Jember hari itu berlangsung lebih pagi dari pada biasanya. terlihat para mahasiswa mondar-mandir dari posko menuju musholla Al Hidayah sambil membawa perlengkapan dan kue. Namun sesekali tampak gurauan ditengah padatnya aktifitas tersebut. Mereka bersama-sama menata tempat pelatihan. Ada yang menata meja, menata kue dan ada juga yang sibuk memasang banner. Sementara Achmad Zaeni Anwar selaku Koordinator posko tidak terlihat sama sekali ditengah kesibukan para anggotanya. Iya, Hari itu dia memang sedang menjemput pemateri pelatihan sehingga tidak bisa membantu anggota posko lainnya untuk menyiapkan tempat pelathan.

Mahasiswa Peserta KKN-IC Posko 8 : Pelatihan Pengembangan SDM Guru Ngaji

Pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa peserta KKN-IC Posko 8 Institut Agama Islam Al Qodiri Jember di komunitas dampingan adalah Pelatihan Pengembangan SDM Guru Ngaji Pada Aspek Pembelajaran Membaca Al Quran Melalui Metode 'Allima. yang diisi oleh pemateri 1 Ibu Anita Fitriya, M. Pd selaku Dosen pembimbing Lapangan dan Ibu Lilik Nurfi Laili, S. Pd Selaku pemateri 2.

Kegiatan Pelatihan ini dimulai dari pukul 13.00 WIB dengan dihadiri kurang lebih sebanyak 15 peserta dan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB. Achmad Zaeni Anwar selaku Koordinator Posko 8 menyampaikan, Bahwa Pelatihan ini ditujukan kepada para Ustadz dan Ustadzah yang mengajar di Musholla Al Hidayah.  Tujuan dari kegiatan ini untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas/kreatifitas guru ngaji dalam mengajar ilmu Al Quran, Dengan adanya pelatihan metode 'allimna ini diharapkan para santri yang nanti di ajar akan semakin bersemangat belajarnya. Karena Metode 'allimna merupakan cara belajar membaca Al Qur'an yang menyenangkan.

Penandatangan MOU dan Surat Keterangan Selesai MElaksanakan PEngabdian

Setelah melaksanakan kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM Guru Ngaji di Musholla AL Hidayah, mahasiswa peserta KKN-IC Posko 8 Institut Agama Islam Al Qodiri Jember melakukan Evaluasi Proses dan Evaluasi Hasil. Pada tahap ini mahasiswa melakukan pendampingan kurang lebih selama 3 hari untuk mengetahui sejauh mana hasil pelatihan dan pengembangan yang telah dilakukan bisa diserap oleh guru ngaji di Musholla AL Hidayah. Dari hasil tersebut diketahui bahwasanya ada perkembangan serta peningkatan kualitas dan kreatifitas SDM Guru ngaji khususnya pada Aspek Pembelajaran Membaca Al-Qur’an melalui Metode ‘Allimna.

LP2M IAI AL QODIRI JEMBER INSTAGRAM ADD FACEBOOK




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline